Maria Gaetana Agnesi: Ahli Matematika di Google Hari ini

Google telah menandai ulang tahun 296 dari Maria Gaetana Agnesi dengan doodle bergerak . Berikut adalah semua yang  perlu anda ketahui tentang Maria Agnesi

UpdateCeria.blogspot.com
Maria Gaetana Agnesi, sosok perempuan asal Italia yang ahli matematika dan filsuf . lahir di Milan 16 Mei tahun 1718 (296 tahun yang lalu), adalah anak tertua dari 21 bersaudara, ia dilahirkan dalam keluarga Italia kaya dan terpelajar dan mempunyai ayah seorang matematikawan.Maria Gaetana juga seorang penulis pertama yang membahas masalah differential dan integral calculus. dan juga tercatat sebagai salah satu anggota kehormatan dari Universitas Bologna.

Maria Gaetana Agnesi ter

Maria dikenal sebagai anak ajaib, karena dia bisa berbicara bahasa Italia dan Perancis pada usia lima tahun. Ketika dia berumur 9 tahun, dia menulis dan menyampaikan pidato selama satu jam dalam bahasa Latin.Lalu pada umurtiga belas dia telah menguasai bahasa Yunani, Ibrani, Spanyol, Jerman, Latin, dan disebut sebagai “Poliglot Berjalan”. dan pada saat itu dia wanita kedua di universitas yang diberi gelar Profesor

Agnesi

Nama Agnesi mendapatkan satu tempat istimewa dalam kepustakaan matematika melalui sumbangan kecilnya tentang kurva yang dikenal sebagai versiera, yang berasal dari bahasa latin vertere yang artinya membalik.

Kurva tersebut dikenal sebagai sihir dari Agnesi karena versiera dalam bahasa Italia berarti Iblis betina. konsep, yang menampilkan di doodle Google . The Agnesi kurva telah digunakan untuk bekerja pada sinar-X dan sirkuit listrik .
Di doodle , garis lengkung ini diambil menggunakan panduan yang melewati lingkaran dan berlabuh di dasarnya.
Garis lengkung ini dikenal sebagai penyihir dari Agnesi . Tapi penyihir kurva Agnesi tidak benar-benar ditemukan oleh dia meskipun itu diberi namanya .


Pada peringatan seratus tahun meninggalnya, kota Milan menghormati Agnesi dengan memberi nama sebuah jalan atas namanya. Diletakkan batu pertama di bagian depan gedung Luogo Pio yang bertuliskan prasasti yang isinya “Terpelajar dalam Matematika, Keagungan Italia dan abadnya”.


Sumber Inspirasi : http://sidomi.com, http://metro.co.uk
loading...