Kandungan Gizi Yang ada Pada Daging Belut

updateceria.blogspot.com
Kandungan Gizi Yang ada Pada Daging Belut,, Belut oh belut meski dahulu binatang ini lumayan jarang kita temui, namun akhir2 ini mungkin kita sering mendengar belut dan bahkan mulai banyak ketersediannya di pasar maupun di swalayan..

kabar punya kabar ternyata daging belut binatang air yang bentuknya menyerupai ular ini ternyata mempunyai banyak kandungan gizi yang di perlukan oleh tubuh lhow,, waah pantesan sekarang banyak yang beternak maupun yang mencari daging jenis yang satu ini,, dan jangan salah daging belut ini menjadi salah satu menu makanan favorit di negeri sakura jepang,,

hmm mau tau informasi kandungan gizi yang terdapat pada daging belut?? yuk kita simak

1.Kalori

Pada daging belut ini mengandung energi yang lumayan tinggi lhoow, yaitu 303 kkal,, per 100 gram daging,, waah lumayan mantap yaa,, jika di bandingkan kalori pada daging sapi hanya 207 kkal per gram daging,, yang harganya cukup mahal,, apalagi menjelang lebaran,, hehe

2. Protein

Kandungan protein pada daging belut ini 18.4g  per 100gram daging setara dengan protein daging sapi yaitu 18,8 gram per 100gram, Protein belut juga kaya akan beberapa asam amino yang memiliki kualitas yang cukup baik, yaitu leusin, lisin, asam aspartat, dan asam glutamat. Leusin dan isoleusin merupakan asam amino esensial yang sangat baik untuk pertumbuhan anak-anak dan menjaga keseimbangan nitrogen pada orang dewasa.

3.Leusin

Leusin jugasangat di perlukan oleh tubuh , leusin berguna untuk perombakan dan pembentukan protein otot. Asam glutamat sangat diperlukan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan asam aspartat untuk membantu kerja neurotransmitter. Tingginya kadar asam glutamat pada belut menjadikan belut berasa enak dan gurih secara alami.

4. Arginin

Kandungan arginin (asam amino nonesensial) pada daging belut ini dapat mempengaruhi produksi hormon pertumbuhan manusia yang terkenal dengan nama human growth hormone (HGH). HGH ini yang akan membantu meningkatkan kesehatan otot dan mengurangi penumpukan lemak di tubuh. Hasil uji laboratorium juga menunjukkan, bahwa arginin ini berfungsi menghambat pertumbuhan sel-sel kanker payudara.

5. Mineral

Kandungan gizi pada daging belut berikutnya adalah mineral,, dan berbagai mineral ini adalah
*Zat besi .
kaya dengan zat besi 20 mg per 100gram, jauh lebih tinggi dibandingkan dengan zat besi pada telur dan daging (2.8 mg/ 100g). sekaligus memenuhi keperluan tubuh akan zat besi, yaitu 25 mg setiap hari. Zat besi sangat diperlukan oleh tubuh untuk mencegah anemia gizi, yang menjadikan tubuh mudah lemah, letih, dan lesu. Zat besi berguna untuk membentuk hemoglobin darah yang berfungsi membawa oksigen ke. seluruh jaringan tubuh. Oksigen tersebut juga berfungsi untuk mengoksidasi karbohidrat, lemak, dan protein menjadi energi bagi aktivitas tubuh. Zat besi juga berguna untuk meningkatkansistem kekebalan tubuh, sehingga tidak mudah terserang berbagai penyakit.
*Fosfor
Belut juga kaya akan fosfor. Nilainya dua kali ganda fosfor pada telur. Tanpa kehadiran fosfor, kalsium tidak dapat membentuk massa tulang. Karena itu, kandungan fosfor dalam tubuh harus seimbang dengan kalsium agar tulang menjadi kokoh dan kuat, sehingga terbebas dari osteoporosis. Di dalam tubuh, fosfor yang berbentuk kristal kalsium fosfat umumnya sekitar 80 persen berada pada tulang dan gigi. Fungsi utama fosfor adalah sebagai pemberi energi dan kekuatan pada metabolisme lemak dan karbohidrat, sebagai penunjang kesehatan gigi dan gusi,  Keperluan fosfor bagi ibu hamil tentu lebih banyak dibandingkan saat-saat tidak mengandung, terutama untuk pembentukan tulang janinnya. Jika asupan fosfor kurang, janin akan mengambilnya dari sang ibu. Ini salah satu penyebab penyakit tulang keropos pada ibu. Keperluan fosfor akan mencukupi apabila kandungan protein juga mencukupi.

6. Vitamin

* Vitamin A
Kandungan vitamin A pada daging belut ini mencapai 1.600 SI per 100 g. hal ini membuat daging belut sangat baik untuk digunakan sebagai pemelihara sel epitel. Selain itu, vitamin A juga sangat diperlukan oleh tubuh bagi pertumbuhan, penglihatan,dan pembentukan prows.
* Vitamin B
Belut juga kaya dengan vitamin B. Vitamin B berperanan sebagai kofaktor (benda asing) dari suatu enzim, sehingga enzim dapat berfungsi normal dalam proses metabolisme tubuh. Vitamin B sangat penting bagi otak untuk berfungsi normal, membantu membentuk protein, hormon, dan sel darah merah.Waspada, Lemaknya Cukup Tinggi. Meskipun mempunyai nilai gizi yang tinggi, kandungan lemak pada belut juga sangat tinggi, yaitu mencapai 27gram per 100gram. Lebih tinggi dibandingkan lemak,, dan daging sapi 14.0gram per 100gram Di antara kelompok ikan, belut digolongkan sebagai ikan berkadar lemak tinggi. Walaupun kadar lemaknya tinggi, belut tidak perlu dihindari dalam pola makan kita. Bagaimanapun, lemak memegang peranan penting sebagai sumber kelezatan, sumber energi, penyedia asam lemak esensial, dan tentu saja sebagai pembawa vitamin larut lemak (A, D, E dan K).
*Vitamin D
Pada lemak belut terdapat vitamin D yang cukup tinggi, di banding sapi 10x ganda dibagian dagingnya dan 50x ganda pada susunya.Vitamin D sangat berguna bagi tubuh untuk membantu penyerapan kalsium dan menghalanginya dari proses resorpsi pelepasan kalsium dan tulang. Cara untuk mengurangkan kadar lemak pada belut adalah dengan memanggang belut di atas bara api. Proses pemanggangan akan menyebabkan lemak mencair dan keluar dari daging belut, Boleh juga mengunakan cara lain yang seumpamaya yang difikirkan sesuai asalkan lemaknya akan keluar. Sebaiknya belut tidak digoreng, supaya kadar lemaknya tidak bertambah banyak.Seperti pada jenis ikan lain, belut juga mengandung asam lemak omega 3. Kadar omega 3 pada lemak ikan, termasuk belut, sangat bervariasi tetapi berkisar antara 4.48 persen sampai dengan 11.80 persen. Kandungan omega 3 pada ikan, tergantung kepada jenis, umur, ketersediaan makanan, dan kawasan penangkapan. Dan hasil penyelidikan, bagian tubuh ikan memiliki lemak dengan kandongan omega 3 yang berbeza-beza. Kadar omega 3 pada bagian kepala sekitar 12 persen, dada 28 persen, daging permukaan 31.2 persen, dan isi
rongga perut 42.1 persen (berdasarkan berat kering).

Nagh begitulah sob kira2 Kandungan Gizi Yang ada Pada Daging Belut,, semoga sobat ceria bisa mendapatkan pencerahan hehe,, oke terimakasih

Sumber Inspirasi : http://www.impoint.info
loading...