7 Ide Kreatif Memanfaatkan Barang Bekas / Limbah Menjadi Kreasi Unik Bernilai Lebih

7 Ide Kreatif Memanfaatkan Limbah / Sampah Menjadi Kreasi Unik Bernilai Lebih

Semakin Padatnya penduduk, semakin banyak nya jumlah anggota keluarga biasa nya menyisahkan sampah yang lebih banyak pula. Mulai dari sampah plastik, sampah botol, sampai kaleng dari makanan atau minuman, dan masih sampah lainya yang mungkin tidak bisa terurai kembali menjadi tanah. Nagh Untuk mengatasi tumpukan sampah yang semakin tak terhingga ternyata telah banyak orang - orang kreatif yang memanfaatkan sampah atau limbah berkut di atas menjadi kreasi atau barang-barang unik yang tak akan kita mengira bahwa itu adalah sampah yang tadinya sudah tak beruguna. Ternyata bisa juga di manfaatkan untuk sekedar hiasan dinding atau keperluan lain yang lebih bermanfaat.

Nagh kira - kira kreasi apa saja siyh yang bisa kita buat untuk menjadikan sampah atau limbah yang tak terurai tadi menjadi suatu barang atau kreasi unik dan memiliki nilai yang lebih.


1.Limbah Pecahan Kaca

 
Mungkin sebagian besar dari kita tidak akan menyangka kalau hiasan indah ini terbuat dari pecahan - pecahan kaca yang seringkali membuat kita bingung akan kita buang di mana karena selain memang limbah yang satu ini tidak bisa terurai kembali juga akan sangat berbahaya apabila kita membuang di tempat yang bukan semestinya. Merangkai pecahan - pecahan kaca yang sebelumnya telah di ukur di potong dengan pemotong kaca kemudian kikir bagian samping agar menghilangkan sisi tajam dari kaca tsb. kemudian di rangkai dan di lem. taraa,, jadilah kreasi unik sekaligus indah untuk hiasan rumah kita.


2. Limbah Kaleng Minuman


Minuman kaleng memang menyenangkan ketika di minum bersama-sama teman-teman maupun sanak saudara maupun keluarga, namun sampah yang cukup berat akan membuat kita ribet apalagi kaleng itu terbuat dari bahan almunium yang memiliki nilai lumayan, hehe jadi sayang kan kalau di buang begitu saja, nagh ada baiknya kalau kita mencoba membuat suatu kreasi seni yang unik terbuat dari bekas kaleng minuman tersebut. Bisa kita buat model miniatur mobil, miniatur vespa dan kendaraan lainya. cukup unik dan keren kan untuk sekedar hiasan di rumah.


 3. Limbah Bekas Lampu Bohlam

Limbah bekas lampu bohlam memang termasuk limbah yang berbahaya, akan sangat di sayangkan ketika kita membuang limbah - limbah yang sebenarnya memiliki nilai lebih. Untuk membantu mengurangi penumpukan sampah yang bahkan bisa menyebabkan banjir, hehe sebaiknya kita daur ulang sampah atau limbah yang sekiranya bisa kita buat menjadi suatu kreasi unik terbaru, nagh untuk memberikan kesan hijau dan sejuk di dalam rumah kita, tidak ada salahnya kita memanfaatkan limbah bekas lampu bohlam untuk kita jadikan sebagai vas bunga yang unik dan kreatif


4. Limbah Sisa Gulungan Tisu



Entah siapa yang pertama kali membuatnya, karena saya hanya nyomot gambar di google hehe. tapi menurut saya ini sangat unik dan kreatif. sangat inspiratif, cobalah kita buat hiasan dinding yang menarik untuk menutupi kesan pucat pada tembok yang terutama warna putih, atau warna yang tergolong sepi. bisa kita buat hiasan semacam ini untuk interior kamar, ruang tamu maupun ruang keluarga, yang terpenting adalah susunan yang rata indah dan potongan yang rapih tinggi rendah nya potongan untuk menghasilkan hiasan yang lebih menarik. namun kalau bisa yang agak jauh dari jangkauan anak - anak, karena bisa saja nantinya di modifikasi oleh mereka menjadi bentuk yang lebih unik hehe.


5. Limbah Bekas Botol

Biasanya di dalam rumah kita terdapat stop kontak yang letak nya agak tinggi untuk menghindari jangkauan anak-anak, namun kadangkala ketika kita ingin menge charge handphone sedikit kesulitan, apalagi handphone model sekarang kabel-kabel charge nya sedikit lebih pendek karena multifungsi dengan kabel data. nagh untu menyiasati hal tersebut bolehlah kita membuat suatu kreasi unik dari limbah botol yang sudah tidak terpakai untuk kita gunting dan bentuk menjadi sebuah tempat handphone untuk di pakai ketika kita men charge handphone


6. Limbah Botol Minuman

Ide kreatif memanfaatkan barang bekas terakhir adalah dengan memanfaatkan limbah botol air kemasang untuk kita jadikan pot bunga yang unik dan sangat kece. bukan hanya membuat rumah kita lebih indah dan asri namun juga kita akan lebih meng inspirasi masyarakat untu lebih peduli terhadap bumi kita. dengan cara memanfaatkan limbah yang tidak bisa terurai kembali menjadi barang atau kreasi unik yang memiliki nilai lebih. nagh mudah muraah dan mantap kan.

Gimana gaes? unik kan? keren? murah mudah dan hasilnya mantap tidak mengecewakan hati, hehe. oke mulai hari ini yuuk kita lebih peduli dengan bumi kita, manfaatkan barang barang bekas atau limbah yang tidak bisa lagi terurai untuk kita jadikan kreasi -kreasi unik. Sekedar untuk mengisi waktu luang kita, syukur syukur kalau hasilnya bagus dan banyak yang ngiler bisa juga kita jual, dan menjadi suatu bisnis sampingan unik yang menyenangkan. oke akhirnya semoga bermanfaat dan terimakasih.
loading...