Kenali Ciri -Ciri Beras Palsu Made In China. Ini Perbedaanya

Kenali Ciri -Ciri Beras Palsu Made In China. Ini Perbedaanya 

http://www.updateceria.com/2015/05/kenali-ciri-ciri-beras-palsu-made-in.html
Masyarakat Indonesia kini tengah di gemparkan dengan beredarnya beras palsu yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Miris sekali memang, demi keuntungan semata pihak - pihak tak bertanggung jawab rela membuat dan meniru beras sehingga sangat mirip dengan aslinya kemudain di jual dengan harga murah.Berhubung perekonomian indonesia sedang lumayan memburuk di ahir akhir ini, dan harga beraspun terasa cukup mahal maka laku keras lah beras palsu yang Disinyalir  berasal dari China yang sedang didistribusikan di kota Taiyuan, di provinsi Shaanxi.

Diketahui dari berbagai media kini beras palsu mulai beredar di Indonesia. Kita di harpakan lebih berhati - hati dan waspada dengan beredarnya beras palsu tersebut. Jangan samapi kita yang menjadi korban berikutnya. Kita harus lebih teliti dan cermat memilih mana beras yang berkualitas yang akan kita konsumsi bersama keluarga tercinta.

Pada dasarnya ada beberap ciri khusus dan perbedaan antara beras palsu dan beras asli. Baik dari segi tekstur beras itu sendiri, warnanya dan kondisi beras setelah dimasak. cukup kita harus lebih waspada saja untuk menghindari beras palsu tercampur di dapur kita.

"Beras asli akan menyerap air maka tekstur beras akan lembut dan jika dimasukan ke penanak nasi beras akan mengeras tapi tekstur kelembutannya masih ada. Sedangkan untuk beras palsu maka beras lembek dan semakin mengeras. Sama halnya saat dikeluarkan dari penanak nasi, beras palsu justru akan semakin kering dan mengeras," kata dokter spesialis gizi klinik Dr Verawati Sudarma, Mgizi, Sp.GK

Selain mengenali beras palsu dengan cara di atas yaitu setelah beras di masak, beras palsu juga bisa di bedakan dan di teliti dengan berbagai cara lainya. terutama ketika beras masih dalam kondisi mentah atau ketika kita memilih butiran - butiran beras.

"Jika beras palsu yang terbuat dari plastik maka tektur beras akan lebih lembut dan licin, berwarna putih seluruhnya. Untuk beras asli, tekstur beras sedikit lebih kasar, warnanya putih dan bening tapi tidak seluruhnya," ujar Dr Verawati.

Vera menambahkan, dari segi rasa dan aroma antara beras palsu dan asli memiliki perbedaan. "Beras asli akan memiliki rasa manis karena glukosa karbohidrat dalam beras terurai sempurna. Sedangkan beras palsu rasanya hambar dan tawar tidak memiliki rasa," lanjut Dr Verawati

Sementara itu, aroma beras yang tercium ketika beras di masak juga akan menimbulkan aroma yang berbeda antara beras asli dengan beras palsu.

"Aroma beras palsu cenderung mengeluarkan bau sangit dan beraroma bahan kimia. Sedangkan untuk beras asli akan mengeluarkan aroma lebih harum atau wangi karena H2O di beras yang menjadi nasi akan mengeluarkan bau yang harum, selain itu juga glukosa pada beras keluar dengan sempurna,"tambah Dr Verawati

Nagh Kira kira seperti itu, beberapa ciri ciri beras palsu made in china yang kini tengah gempar di kalangan masyarakat indonesia. jangan sampai kita tertipu dan menjadi korban berikunya. tetaplah berbelanja dan mencari beras - beras berkualitas, meski dari segi harga mungkin sedikit lebih mahal namun untuk kepentingan keluarga tetaplah untuk selalu memberikan yang terbaik. OKe Semoga bermanfaat dan terimakasih

Sumber Inspirasi Dream.co.id
loading...