Ingin Puasa Lancar dan Tubuh Makin Sehat? Konsumsi Ini Ketika Sahur Dan Berbuka

Tips Makan Sahur dan Berbuka Agar Puasa Tetap Lancar dan Sehat

http://www.updateceria.com/2015/06/ingin-puasa-lancar-dan-tubuh-sehat-konsumsi.html
Marhaban ya Ramadhan. Tinggal Menghitung jam lagi ramadhan telah tiba, apa yang sudah kita persiapkan menjelang datangnya bulan suci ramadhan gaes? kalau belum mungkin agan kudu baca ini : Tips Menyambut dan Mempersiapkan Bulan Ramadhan Agar Mendapatkan Hasil Yang Maksimal

Nagh sala satu agar kita bisa menjalankan ibadah puasa dengan maksimal, tentu kita harus menjaga kesehatan tubuh kita, mengingat di bulan ramadhan kita mungkin akan lebih banyak melakukan aktivitas, sedangkan urusan pekerjaan tetap harus kita kerjakan sesuai tanggung jawab. tidak ada kompromi untuk urusan pekerjaan, gak seenak dulu ketika jaman sekolah ya gaes dapet banyak toleransi hehe.

Salah satu cara agar badan tetap fit dalam menjalankan ibadah puasa, tidak loyo dan tetap sehat adalah dengan cara mempersiapkan diri dalam hal ini makanana dan minuman yang kita konsumsi ketika malam hari yaitu saat berbuka dan sahur agar puasa kita lancar tanpa hambatan yang berarti.

Apa aja siyh Tips Makan Sahur dan Berbuka Agar Puasa Tetap Lancar dan Sehat? nagh berikut ulasanya,, yukk kita cekidot..

1.  Perbanyak Konsumsi Air Putih
Selama menjalankan ibadah puasa kita tidak di perbolehkan minum, sedangkan kita di haruskan untk tetap melakukan pekerjaan sebagaimana mestinya, nagh kalau kita jarang minum maka akan sangat rentan terjadi dehidrasi. So hal terpenting yang harus kita lakukan ketika waktu malam hari waktu di mana kita di perbolehkan makan dan minum adalah dengan tetap mengkonsumsi 8 Gelas air putih perhari. Agar kita tidak kerepotan untuk bisa meminum 8 gelas perhari mungkin bisa kita bagi2 menjadi 4 waktu, 2 gelas saat berbuka atau setelah makan buka, 2gelas menjelang tarawih atau setelah tarawih, 2 gelas menjelang tidur, 2 gelas saat sahur. Apakah boleh di tambah? boleh saja asal anda kuat, hehe


2.  Konsumsi Buah - Buahan.

Buah-buahan juga sangat penting untuk menjaga agar badan kita tetap fit ketika menjalankan ibadah puasa. Biasakan untuk tetap mengkonsumsi buah buahan ketika makan berbuka dan sahur. Sediakan satu porsi menu buah-buahan yang mengandung elektrolit dan berserat tinggi. Berfungsi untuk memberi kesegaran pada tubuh dalam beraktivitas.


3. Hindari Makanan yang Mengandung Lemak dan Pedas
Bagi yang suka banget makan pedas cobalah untuk kita hindari makan-makanan pedas dan berlemak tinggi. Karena makanan berkategori buruk tersebut justru membuat pencernaan terganggu. Nagh sangat di sayangka kan ketika kita menjalankan ibadah puasa malah perut kita sakit? ibadah jadi terganggu kerjaan juga nantinya terbengkalai. Puasa adalah moment untuk kita menjaga kesehatan kita puasa bermanfaat menghilangkan segala racun yang ada di tubuh kita. jadi rencanakanlah ibadah puasa anda sebaik mungkin agar nantinya tubuh semakin sehat dan fresh.


4. Maksimalkan Konsumsi Zat Besi. 
Ketika kita sedang menjalankan ibadah puasa zat besi dalam tubuh kita akan menurun karena berkuangya pasokan sel darah merah dalam tubuh. Imbasnya adalah tubuh akan terasa cepat lemas, kantuk pun datang karena pasokan oksigen yang dibawa sel darah merah tak bisa maksimal mencapai otak. Zat besi digunakan dalam pembuatan hemoglobin dan berperanan penting dalam fungsi normal daya tahan tubuh. Nagh agar daya tahan tubuh tetap terjaga jangan lupa untuk tetap mengkonsumsi makana yang mengandung zat besi, seperti sayur bayam, sayur kangkung, jagung, kentang, jeruk, daging sapi, dll.


5. Pilih Konsumsi Makanan Berkabohidrat Kompleks
Pilih konsumsi makanan berkabohidrat kompleks, nasi merah jelas lebih baik daripada nasi putih. Roti gandum adalah pilihan tepat daripada roti putih. Karbohidrat kompleks akan membuat kadar gula dalam darah stabil selama puasa seharian.


6.  Kurangi Konsumsi Gula Pasir
Bijak dalam mengonsumsi makanan manis dari elemen gula pasir. Karena makanan manis dari gula pasir akan membuat tubuh bereaksi melepaskan insulin dengan cepat, sehingga tubuh akan meresponsnya dengan rasa lapar karena tubuh butuh asupan energi baru untuk dicerna. Pilih pemanis alami seperti gula aren atau madu sebagai pengganti gula pasir. Atau bisa ssaja dengan pemanis buatan namun tetap di perhatikan kadarnya. secukupnya saja dan jangan berlebihan.



7. Konsumsi Makanan Yang Mengandug Protein Nabati dan Hewani
Biasanya sumber protein nabati maupun hewani bisa kita peroleh dari lauk pauk. bukan sekedar enak tapi cobalah untuk mengkonsumsi lauk pauk yang bergizi. terlebih lagi ketika kita mempersiapkan diri untuk menjalankan ibadah puasa di siang hari.  Maka pilihlah konsumsi lauk yang kaya akan protein nabati dan hewani ketika berbuka dan sahur. Misal Protein Nabati bisa kita peroleh di makanan Tempe, tahu, kacang-kacangan. Sedangkan Protein hewani bisa kita peroleh dari daging ayam, daging sapi, atau ikan .


8. Konsumsi Pelengkap

Jika kita masih ingat pesan guru ketika SD, Konsumis makanan 4 sehat 5 sempurna. Maka pelengkap untuk menyempurnakan makanan kita adalah susu. yups sempurnakan makan buka dan sahur dengan segelas susu atau  bisa saja kita selingi dengan menu pelengkap lain sebagai pencuci mulut seperti pisang, jeruk, atau kacang almond. Ketiga makanan tersebut memiliki kandungan magnessium yang baik untuk membantu memproduksi energi sepanjang hari.


Nagh begitulah kira -kira Tips Tips Makan Sahur dan Berbuka Agar Puasa Tetap Lancar dan Sehat. Jika Ingin Puasa Lancar dan Tubuh Makin Sehat, Maka Konsumsi Makanan Bergizi Ketika Sahur Dan Berbuka. Okay, semoga bermanfaat dan terimakasih.
loading...