Cara Alami dan Menyenangkan Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil Muda

Cara Alami, Mudah dan Menyenangkan Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil Muda


http://www.updateceria.com/2015/08/cara-alami-menyenangkan-mengatasi-mual-hamil.html
Rasa mual memang alami di alami oleh sebagian besar ibu ketika hamil muda, hal ini sering juga di sebut dengan morning sickness. Rasa mual pada saat hamil muda salah satunya di sebabkan oleh peningkatan hormon kehamilan. Yatitu meningkatnya produksi hormon estrogen dan progesteron yang kemudian menyebabkan perubahan fungsi neuron dan alat tubuh lainya. Hormon ini sangat mempengaruhi kondisi asam lambung seseorang. Saat asam lambung meningkat maka timbullah rasa mual. Hormon estrogen akan banyak dikeluarkan saat pagi hari, oleh sebab itulah banyak ibu hamil yang merasakan mual saat pagi hari

Meskipun rasa mual itu biasa terjadi dan wajar adanya pada saat hamil di usia muda, namun rasa mual sungguh sangat tidak menyenangkan, bisa saja membuat sang ibu terasa lemas, lemah dan pusing. terlebih jika sang ibu memiliki aktifitas dan bisa mengganggu aktifitas tersebut. Mual dan muntah yang berlebihan juga bisa saja menjadi indikasi bahaya terhadap ibu hamil maupun keadaan janin yang di kandungnya jadi kalau bisa segera di minimalisir rasa mual dan muntah berlebih itu. 

Untuk menghidari rasa mual dan muntah yang berlebihan. Ibu hamil paling tidak harus mengetahui bagaimana cara mengatasi mual selama kehamilannya terutama di usia hamil muda. Cara ini bisa menghindarkan ibu hamil dari resiko dehidrasi dan kekurangan tenaga.Ibu hamil harus tetap mempertahankan nutrisi yang di perlukan tubuhnya. Untuk kepentingan kesehatan ibu hamil dan juga perkembangan janin yang ada di dalam kandungannya. Cara mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil yang efektif  alami dan menyenangkan adalah sebagai berikut ini :
Cara Alami, Mudah dan Menyenangkan Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil Muda


 1. Mengkonsumsi Buah Kaya Vitamin C

Rasa mual atau ingin muntah seringkali di atasi dengan memakan buah yang segar dan manis. hal ini juga akan membuat rasa senang sehingga stress hilang dan rasa mual bisa di minimalisir. terutama buah yang mengandung banyak vitamin c ini akan lebih ampuh untuk menetralisir rasa mual pada ibu hamil. Agar lebih nikmat dan menyenangkan ibu hamil boleh juga mengkonsumsi buah dalam keadaan dingin.  Buah dingin yang suhunya sudah turun akan lebih manjur mengatasi rasa mual. karena suhu buah yang lebih dingin lebih di terima usus di banding buah dengan suhu normal yang tanpa sebelumnya di dinginkan di dalam lemari pendingin

  2. Makan Sedikit Demi Sedikit Tapi Sering

Makan adalah aktifitas yang menyenangkan sekaligus mengenyangkan. terutama makanan yang kita santap adalah makanan enak yang masuk dalam jajaran makanan favorit kita. namun akan berbeda kasusnya jika ibu hamil di usia muda. terkadang baru sekedar melihat makanan pun sudah terasa mual. nagh untuk mensiasati hal tersebut alangkah baiknya si ibu hamil tetap mengkonsumsi makanan namun dengan porsi yang sedikit demi sedikit. terutama yang banyak mengandung karbohidrat untuk tetap menjaga kebutuhan nutrisi tubuh dan si janin, agar si ibu hamil tetap bertenaga dan gak lesu ;-)..

Dengan cara tersebut yaitu makan demi sedikit akan lebih efektif memberikan nutrisi dan meminimalisir rasa mual. Dengan memberi sedikit hiasan makanan agar terlihat lebih menarik dan menambah nafsu makan



3. Refreshing dan Berolahraga di Pagi  Hari

Refreshing di pagi hari sambil berjalan jalan dengan suami sungguh hal yang menyenangkan, terlebih udara sejuk di pagi hari ternyata bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual atau ingin muntah. berjalan jalan di pagi hari sambil menghirup udara segar akan membuat ibu hamil lebih rileks, yang kemudian syaraf otak akan mulai bekerja meminimalisir rasa mual.


4. Mengkonsumsi Minuman Yang Menyegarkan

Rasa mual memang sangat tidak menyenangkan, namun jika melihat minuman menyegarkan tentu sangat ingin meminumnya, bukan hanya sugesti, nyatanya beberapa minuman tertentu juga berkhasiat dan manjur mengatasi rasa  mual ibu hamil, beberapa minuman tersebut adalah

Jahe hangat : Jahe hangat mempunyai kandungan minyak astiri yang bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil. aroma jahe yang menyegarkan dan sangat khas sangat di anjurkan bagi ibu hamil untuk membuat tubuh menjadi lebih rileks.

Teh mint : Selain nikmat dan menyegarkan, Teh yang mimiliki kandungan mint ini juga bermanfaat untuk menghilangkan rasa mual pada ibu hamil. Mint mengandung menthol, menthol rasanya dingin. Sama halnya dengan buah-buahan dingin, rasa dingin pada menthol lebih bisa diterima usus dibandingkan dengan teh dengan rasa biasa.

Air dengan perasan lemon. Air hangat dengan perasan lemon bisa membuat rasa mual berangsur menghilang. Air hangat lebih bisa diterima oleh usus dibandingkan air putih dingin. Dan di campurkan dengan perasan lemon yang mempunyai banyak kandungan vitamin C, rasa mual yang dialami akan segera hilang.


5. Melakukan Hal-Hal Yang Menenangkan

Seperti ulasan di atas, bahwa rasa rileks dan fresh bisa menghilangkan rasa mual pada ibu hamil. dengan melakukan aktifitas yang menyenangkan tentu dapat juga menghilangkan rasa mual pada ibu hamil usia muda. nagh hal menyenangkan di lakukan ternyata banyak dan mudah untuk di lakukan oleh ibu hamil untuk menghilangkan rasa mual. dengan menyibukan diri dengan aktifitas menyenangkan tersebut maka hari hari akan terasa lebih cepat dan hamil pun terasa lebih menyenangkan. Aktifitas menyenangkan tersebut di antara nya adalah.

1. Yoga
2. Meditasi dan Relaksasi
3. Melatih pernafasan hidung dan perut
4. Berenang
5. Mengkonsumsi Buah dingin / Jus Buah
6. Bersantai / Berbaring sambil menghirup aroma terapi
7. Bergurau atau menonton Film / Video lucu untuk menghibur diri
   
Begitu lah kira kira Cara Alami, Mudah dan Menyenangkan Mengatasi Rasa Mual Saat Hamil Muda. Agar ibu hamil tidak terlalu pusing dan lemah ketika hamil, mengingat anak yang di kandung dan akan segera di lahirkan maka dapat membuat rasa semangat menjalani hidup lebih berkobar kembali. hidup lebih indah jika si buah hati telah terlahir ke dunia.


Sumber :
http://hamil.co.id/
http://carasehat.net/
loading...