Makanan Yang Harus Di Konsumsi Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Makanan Yang Harus Di Konsumsi Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

http://www.updateceria.com/2015/11/makanan-yang-harus-di-konsumsi-untuk.html
Daya tahan tubuh sangat di perlukan oleh tubuh. Karena orang yang memiliki daya tahan tubuh lebih baik  akan lebih kuat menahan segala macam penyakit yang bisa menyerang tubuh kapan saja.  Terlebih jika kita memiliki aktivitas yang padat. Rasa lelah dan konsumsi makanan bergizi yang kurang bisa membuat daya tahan tubuh turun secara drastis. Tidak hanya itu, Pergantian cuaca yang tidak menentu dan ektrim juga salah satu faktor yang bisa membuat daya tahan tubuh berkurang sehingga sangat rawan kita terserang berbagai penyakit dan virus.

Mungkin bagi orang awam, cara terbaik meningkatkan daya tahan tubuh adalah dengan cara berolahraga secara rutin dengan di sertai mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi.   Namun masalahnya adalah dalam pengetahuan kita, makanan yang bergizi atau makanan dan minuman yang mengandung gizi terbaik untuk tubuh tentu memiliki harga jual yang mahal, sehingga terkadang kita merasa tidak terlalu mementingkan gizi yang di peroleh dari makanan yang bergizi.

Baca Juga : Rahasia Awet Muda Menyenangkan Dengan Mengkonsumsi Makanan Sehat Ini

Tapi ternyata, kita tidak harus mengeluarkan biaya yang banyak untuk  mendapatkan makanan bergizi tinggi untuk menjaga dan meningkatkan daya tahan tubuh.  Kita bisa memanfaatkan makanan yang murah dan mudah di dapatkan namun tetap memiliki gizi terbaik untuk meningkatkan daya tahan tubuh kita.

Lalu apa sajakah makanan sehat yang harus di konsumsi untuk meningkatkan daya tahan tubuh?  Diantaranya adalah :

1.    Air Mineral

Tubuh manusia terdiri dari 70%  zat cair. Itu artinya air sangat di perlukan olh tubuh. Jika kita kekurangan cairan dalam tubuh maka tubuh akan lemas, mudah kehilangan konsentrasi dan yang paling parah adalah terserang penyakit hingga kematian.

Banyak pasien sakit yang di karenakan kurangnya minum air.  Karena air juga salah satu zat yang ada pada darah yang sangat penting bagi tubuh. Jika darah tidak sehat maka sangat di khawatirkan menyebabkan berbagai penyakit kronis dan berbahaya

Cairan dalam tubuh berfungsi untuk membuang toxin dan racun yang terdapat di dalam tubuh manusia. Jika kita memenuhi keutuhan air yang cukup bagi tubuh maka secara otomatis kekebalan tubuh akan meningkat yang di karenakan tubuh yang tercukupi kebutuhan zat cairnya. Jadi usahakan perbanyak minum air mineral. Selalu siapkan air jika kita melakukan aktivitas yang padat dan melelahkan.

 

2.    Buah dan Sayuran

Buah-buahan dan sayuran mengandung antioksida yang sangat penting untuk melindungi tubuh terhadap berbagai macam penyakit. Cara terbaik mengkonsumsi buah dan sayuran untuk memperoleh manfaat dan gizi terbaiknya adalah dengan mengkonsumsi secara mentah atau dengan memasaknya dalam waktu yang tidak lama.

Selalu siapkan buah buahan yang segar di rumah anda. Kita bisa mengganti sarapan pagi yang menyehatkan dengan mengkonsumsi buah. Buah mengandung banyak gizi dan vitamin sehingga sangat baik di konsumsi sebelum melakukan aktivitas padat.
Buah dan sayuran yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh di antaraya adalah
•    Bayam
Bayam mengandung folat yang tinggi yang dapat mencegah kerusakan DNA dan pembuluh darah sehingga dapat meningkatkan kekebalan tubuh secara alami
•    Brokoli
Sebuah penelitian menunjukkan, zat kimia alami dalam brokoli membantu merangsang sistem kekebalan tubuh. Diambah lagi nutrisi yang ada di dalamnya akan melindungi tubuh kamu dari kerusakan sel. Vitamin A, vitamin C, dan glutathione juga banyak terdapat di dalam brokoli.
•    Semangka
Dalam Buah semangka terdapat kandunngan antioksidan dan glutathione yang tinggi. Glutathione dapat membantu memperkuat sistem kekebalan tubuh sehingga dapat mencegah dan memerangi infeksi
•    Lemon
Lemon banyak mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh melawan berbagai macam bakteri berbahaya dan virus. . Selain vitamin C manfaat lain dari lemon adalah  sebagai detoksifikasi alami.

Dan masih banyak lagi jenis buah dan sayuran yang bisa kita manfaatkan kandungan gizi nya untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita agar kita tidak mudah terserang penyakit.

 

3.    Ikan

Ikan adalah salah satu menu makanan kesukaan kita. Tahukah anda jika ikan yang kamu konsumsi seperti salmon, tuna dan mackerel  ternyata mengandung Omega-3 asam lemak? kandungan ini  sangat di perlukan oleh tubuh dan berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh dan membantu menjaga kebugaran.

Untuk itu, sangat disarankan untuk mengkonsumsi ikan seperti salmon setidaknya dua kali dalam seminggu, selain untuk menjaga daya tahan tubuh, kandungan penting yang ada di dalam ikan  berfungsi untuk memberikan perlindungan terhadap kerusakan yang disebabkan infeksi.

 

4.    Bawang Putih

Bawang putih ternyata mengandung sejumlah antioksidan yang sangat berguna dalam sistem kekebalan tubuh yang dapat dengan cepat membunuh virus penyebab flu.  Jadi jika kita terserang flu kita bisa mencoba untuk mengkonsumsi bawng putih. Jika anda tidak bisa menelan mentah bawang putih ini, kita bisa mencampurkan bawang putih ke berbagai masakan. Misalnya di campur ke dalam soup. Kita bisa menambahkan porsi bawang putih lebih banyak, agar flu dan penyakit kita bisa segera sembuh

Bawang putih juga mengandung allicin, yang berperan sebagai antivirus dan anti bakteri. Bawang putih ini nantinya akan sangat berguna untuk merangsang produksi sel darah putih yang bertugas untuk melawan kuman dan penyakit.

Baca juga : Bawang Putih Ampuh menghilangkan Jerawat Dengan Cepat Sekaligus Sebagai Anti Aging Alami

 

5.    Cokelat

Hampir semua orang menyukai coklat. Bahkan kita seringkali menemukan coklat yang di padukan dengan berbagai makanan seperti es krim dan lain sebagainya.  Selain dapat menenangkan pikiran ternyata coklat adalah salah satu makanan ydang dapat menambah  kekebalan tubuh.  Karena coklat merupakan antioksidan konsentrat.

Penelitian menunjukkan bahwa dengan mengkonsumsi coklat, kita dapat mengurangi resiko sakit jantung, membantu menjaga tingkat kolesterol, dan memperbaiki pembuluh darah yang rusak pada penderita diabetes. Penyajiaan paling sederhana adalah dengan menyiapkan Secangkir coklat, yang di campur dengan susu rendah lemak dan gula kadar rendah.

Saat kamu mulai merasa kurang sehat atau merasa lelah segeralah mengkonsumsi coklat hangat agar kamu merasa segar kembali. Coklat ini akan menjadi sehat asalkan tetap menjaga kadar gulanya dalam taraf minimum, seperti coklat pahit dan bubuk coklat dapat bekerja untuk meningkatkan imunitas.

 

6.    Jahe

Jahe sudah sejak zaman dahulu di percaya dan dimanfaatkan sebagai obat tradisional yang dapat menghangatkan badan. selain itu jahe juga sangat berguna untuk meningkatkan  sistem kekebalan tubuh kita serta menetralisir racun yang ada dalam tubuh. Secara umum jahe berfungsi sebagai alat pembersih dalam tubuh, seperti pemicu produksi lendir untuk membersihkan saluran paru dan pernafasan. Saat lelah konsumsilah jahe dengan cara menyeduh air hangat yang di campur jahe. maka tubuh kamu akan hangat dan terbebas dari lelah.

 

7.    Madu

Madu mempunyai segudang manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kita. Rasanya yang manis lebih mudah untuk di konsumsi. juga seringkali madu dicampurkan ke dalam berbagai makanan atau minuman sebagai pemanis.
Manfaat madu selain sebagai antibiotik adalah juga berfungsi sebagai antiseptik. Madu sangat berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh, selain kandungan yang terdapat didalam madu yang sangat beragam, Madu juga dapat mengatasi alergi, asma, dan juga sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit.

 

8.    Protein

Protein juga tidak kalah penting untuk meningkatkan daya tahan tubuh, karena protein berfungsi sebagai zat pembangun dalam tubuh. Kekurangan protein akan membuat tubuh kita menjadi tidak stabil, jika sudah begitu pasti tubuh akan rentan terkena berbagai penyakit. Beberapa penyakit yang timbul akibat kekurangan protein antara lain rambut rontok, perubahan warna kulit, luka lama sembuhnya, terkena masalah pencernaan, kurang cairan, terjadi kerusakan pada liver dan penurunan daya tahan tubuh. Makanan apa saja yang menjadi sumber protein agar tubuh tidak kekurangan protein?

Anda  bisa mengkonsumsi, kacang-kacangan, telur, kubis dan susu meruapkan salah satu sumber protein yang baik karena asam amino yang terdapat dalam protein dapat membantu membentuk sel-sel yang berperan dalam daya tahan tubuh

Ternyata begitu banyak bukan makanan dan minuman yang murah dan mudah di dapat yang bisa kita manfaatkan untuk meningkatkan daya tahan tubuh secara alami? Tapi walaupun anda sudah mengkonsumsi makanan dan minuman bergizi tetap saja tubuh membutuhkan gerakan dalam olah raga untuk menjaga kebugaran tubuh serta istirahat yang cukup untuk mengistirahatkan organ tubuh yang lelah bekerja dengan aktivitas yang padat.


Refferensi : nini(dot)com
loading...