Bersepeda Olahraga Efektif, Mudah dan Menyenangkan Untuk Membakar Kalori (+- 950 Per Jam)

Bersepeda Mampu Membakar Kalori Super Banyak

Tubuh setiap hari mengkonsumsi makanan. Makanan menghasilkan kalori. Kalori yang berlebihan dan tidak dipergunakan oleh tubuh akan di timbun dan menjadi cadangan energi lalu menjadi lemak. Lemak yang berlebihan pada tubuh akan membuat tubuh menjadi gemuk. Tubuh yang gemuk akan lebih susah untuk bergerak. Tubuh yang terlalu gemuk juga bisa menjadi rawan terserang penyakit. Sehingga seringkali berat badan yang ideal menjadi tolak ukur kesehatan manusia.

Menjaga berat badan yang ideal memang tidak mudah. Menjaga berat badan lebih sering di lakukan  dengan menjaga kesehatan. Oleh sebab itu manusia harus melakukan aktivitas yang seimbang agar kalori yang terdapat pada tubuh lebih pas dan tubuh menjadi selalu sehat sehingga dapat terhindar dari berbagai macam penyakit yang selalu mengintai.

Kita perlu melakukan olahraga untuk membakar kalori yang berlebihan pada tubuh. Dan Bersepeda adalah salah satu olahraga yang di percaya efektif mampu membakar kalori super banyak tiap jam nya. Sekitar 850 sampai 1000 kalori mampu di bakar oleh tubuh ketika kita melakukan olahraga bersepeda.

Baca juga : Makanan Yang Harus Di Konsumsi Untuk Meningkatkan Daya Tahan Tubuh



Lalu Bagaimana Bersepeda Mampu Membakar Kalori Sebanyak Itu??

Sekitar 850 sampai 1000 kalori dapat di bakar tubuh ketika bersepeda itu bisa terjadi karena olahraga ini dapat membakar timbunan melalui proses oksidasi sehingga kalori terbakar dan berubah menjadi energi. Proses pembakaran kalori ini sangat di tentukan oleh seberapa berat beban kayuhan dan seberapa jauh jarak yang berhasil kita tempuh dari olahraga sepeda ini. Kita bisa menentukan target lokasi agar kita bisa lebih semangat dalam menjalankan program pembakaran kalori ini. Misal lokasi yang kita tuju adalah lokasi pariwisata. Atau lokasi tempat tinggal saudara maupun sahabat kita. Olahraga bersepeda ini akan lebih menyenangkan di lakukan di pagi hari, karena udara masih sangat segar, Sinar matahari mengandung ultra violet yang sangat baik untuk kesehatan tubuh, dan kondisi jalan yang masih belum terlalu padat.



 

Lalu Bagaimana Cara Melakukan Olahraga Bersepeda Yang Baik dan Benar??

1. Berdoa sebelum melakukan kegiatan bersepeda, Agar dalam melakukan olahraga ini, kita di beri keselamatan dan manfaat yang baik untuk kesehatan
2. Minum air sebanyak 2 gelas sebelum bersepeda agar tubuh kita terhindar dari dehidrasi. Kita juga bisa membawa bekal air untuk berjaga agar bisa di minum ketika haus melanda di tengah perjalanan.
3. Melakukan pemanasan terlebih dahulu sebelum bersepeda. Hal ini perlu di lakukan agar kita terhindar dari berbagai masalah seperti kram dan kesemutan saat bersepeda.
4. Pastikan tubuh kita dalam keadaan sehat dan fit
5. Pastikan dan cek keadaan sepeda. Cek angin ban sepeda, rem dan sebagainya agar terhindar dari masalah yang mungkin timbul saat bersepeda.
6. Tentukan jarak untuk melakukan bersepeda, minimal adalah 20 KM untuk mendapatkan kebugaran, namun lebih di anjurkan untuk menempuh jarak 40 KM dalam sekali perjalanan.
7. Bagi anda yang usianya sudah lebih dari 40 tahun, kecepatan ideal yang bisa ditempuh yaitu 22-27 km/jam.
8. Posisi sadel sepeda harus lebih tinggi daripada setir, agar otot tidak terlalu tegang selama bersepeda.
9. Telapak kaki yang menyentuh pedal saat mengayuh sepeda sebaiknya di rentangkan lurus agar posisinya rata.
10. Untuk mendapatkan tenaga yang maksimum, gunakan ujung kaki sebagai tumpuan.
11. Kepala harus tetap menghadap kedepan walaupun posisinya membungkuk. Agar lebih waspada melihat kondisi jalan.
12. Gunakan alat pengaman saat melakukan olahraga bersepeda seperti helm, peindung siku dan sebagainya.
13. Bersepeda sebaiknya tidak dilakukan secara berlebihan agar tidak terjadi lelah yang berlebihan. Apabila kita baru memulai olahraga bersepeda ini. ukur seberapa mampu kita menempuh jarak yang ideal.


Jadwal Bersepeda:

1. Usahakan latihan bersepeda dilakukan secara bertahap, teratur dan intensif yang disesuaikan dengan kondisi daya tahan tubuh kita.
2. Latihan rutin bersepeda yang ideal sebagai olahraga kebugaran adalah kurang lebih 3 kali seminggu agar dapat mendapat manfaat yang maksimal.

Kegiatan Atau Makanan Pendukung Olahraga Bersepeda:

 1. Meminum air putih yang penuh mineral baik itu ketika sedang bersepeda maupun setelahnya.
 2. Meminum minuman berisotonik saat bersepeda agar dapat mensuplai cairan tubuh yang hilang dengan lebih cepat.
 3. Mengkonsumsi karbohidrat untuk menjaga energi untuk tetap stabil.
 4. Latihan ketahanan kardio seperti circuit training, long slow distance training dan interval training.
 5. Latihan kekuatan sprint seperti squat dan stair running secara berkala.
 6. Istirahat yang cukup seperti peregangan, pemijatan, dan tidur sesuai kebutuhan yang ideal


Bersepeda akan terasa khasiatnya jika dilakukan rutin selama sebulan. Memang untuk membiasakan olahraga 3x dalam seminggu masih susah di awal. Namun setelah terasa manfaat dan terbiasa melakukan olahraga ini, maka kita akan lebih senang dan terasa lebih semangat melakukan olahraga bersepeda 3x dalam setiap minggunya.

Sumber : HaloSehat,Com
loading...