Memanfaatkan Lahan Sempit Dengan Aquaponik, Mudah Menyenangkan Dan Menguntungkan

Memanfaatkan Lahan Sempit Dengan Aquaponik, Mudah Menyenangkan Dan Menguntungkan


http://www.updateceria.com/2015/12/memanfaatkan-lahan-sempit-aquaponik.html
Aquaponik baru - baru ini sedang gencar dan semakin banyak peminatnya, tentu karena segudang manfaat dan keuntungan yang bisa kita peroleh dari kegiatan aquaponik tersebut. Pada dasarnya Aquaponik adalah salah satu teknik perpaduan antara bertanam dengan cara hidroponik dan pemeliharaan atau budidaya ikan (akuakultur).

Lalu apa saja manfaat atau keuntungan dari aquaponik ini?

1. Aquaponik memanfaatkan limbah ikan (kotoran) untuk di jadikan sebagai nutrisi tumbuhan, sehingga kita bisa menghemat biaya pemeliharaan tanaman

2. Aquaponik Memungkinkan kita melakukan 2 budidaya sekaligus, tanaman dan pemeliharaan ikan tanpa merugikan atau mengurangi manfaat dari salah satu budidaya tersebut.

3. Karena melakukan 2 budidaya sekaligus di saat yang bersamaan tentu hasilnya akan sangat menguntungkan, bisa panen tumbuhan, bisa panen ikan juga.wow amazing

4.  Aquaponik memungkinkan kita menggarapnya walau hanya memnfaatkan lahan sempit di dekat rumah

5. Aquaponik bisa di tata rapi sehingga bisa juga sebagai hiasan atau taman mini di dekat rumah.

6. Aquaponik memungkinkan kita memulai dengan memanfaatkan bahan-bahan bekas yang sudah tidak terpakai, seperti : Paralon bekas, Pompa Aquarium Bekas, Gelas aqua bekas, dan rak atau kayu yang sudh tidak terpakai untuk dijadikan sebagai rangkaian dalam membuat sistem aquaponik.

7. Dengan Aquaponik kita bisa menghemat pengeluaran, karena kita bisa menanam beberapa jenis tanaman sayur untuk di konsumsi dan memelihara ikan yang nantinya juga bisa di konsumsi sendiri dan dengan sistem aquaponik ini tanaman yang di hasilkan akan lebih sehat karena tidak menggunakan bahan kimia dalam melakukan kegiatan aquaponik ini.

Baca juga : Rekomendasi : Aktivitas Seru Di Hari Sabtu, Bikin Hidup Lo Lebih Menyenangkan

Lalu bagaimana sistem atau cara kerja aquaponik tersebut? 

Cara kerja aquaponik pun sangat sederhana dan menguntungkan sekali yaitu :

1. Siapkan kolam ikan , bisa di bentuk seindah mungkin sebagai penghias rumah. Lalu masukan ikan untuk melakukan pemeliharaan ikan seperti biasa
2. Untuk Menjernihkan kolam ikan agar air selalu sehat pasang pompa penyedot air aquarium yang di alirkan ke bak filterisasi untuk menyedot kotoran dan sisa makanan ikan
3. Dari bak filter air di salurkan ke aliran yang telah tersedia untuk tanaman.
4 . Sisa air yang mengalir ke saluran tanaman bisa langsung mengalir kembali ke kola ikan.

Secara umum, Aquaponik memiliki 3 sistem yang berbeda yang bisa di lakukan sesuai kebutuhan di antaranya adalah :

1. Aquaponik Bermedia. 
Media tanam yang digunakan berbentuk kerikil, expanded clay, atau media lain yang serupa. System yaitu bentuk paling simpel dari aquaponik. System ini paling pas untuk pemula dalam aquaponik. System ini masih terbagi menjadi dua jenis yaitu :

Pertama
Dengan aliran air terus-menerus ke bedeng tanam (grow bed) dengan permukaan air konstan (tetap).

Kedua
Air dalam bedeng tanam (grow bed) di buat mirip siklus pasang surut.
Kelebihan system pasang surut yaitu ketersediaannya oksigen di akar tanaman. sehingga tanaman lebih terjamin dan lebih sehat serta dapat mengurangi kemungkinan akar yang membusuk yang di sebabkan aliran air konstan yang terus menerus.


2. Aquaponik Nutrient Film Technique (NFT).
System ini lebih pas untuk type tanaman yang lebih spesifik saja, yakni jenis tanaman sayuran daun. Dalam system NFT, air yang kaya nutrisi dipompa ke saluran kecil yang tertutup. Air mengalir dalam saluran ini berbentuk aliran yang dibuat tidak mengalir dengan kencang (kecil namun tetap mengalir). Tanaman ditempatkan dalam wadah plastik kecil (Biasanya menggunakan gelas aqua bekas yang di lubangi bagian bawahnya) yang sangat mungkin akarnya menyentuh dapat air yang mengandung banyak nutrisi dari saluran kolam ikan tersebut.


3. Aquaponik Deep Water Culture.
System ini adalah salah satu diantara system yang paling sering dipakai untuk aquaponic bertaraf komersial (Skala besar untuk keperluan bisnis). Langkah kerja system ini yaitu dengan memompa air dari tangki ikan lewat system filtrasi. Lalu air dipompa ke saluran panjang dimana rakit terapung yang berisi tanaman ada permukaan air.


Kita bisa mendesign kolam ikan yang indah dan efektif yang bisa mengaliri air ke saluran tanaman sekaligus sebagai taman mini menghiasi area rumah kita, mungkin kita bisa membuat seperti contoh gambar di bawah ini :




Baca juga : Tips Menjakankan Hobi Yang Menyenangkan Sekaligus Bisnis Yang Menjanjikan 

Bagaimana, Indah bukan? jelas aquaponik akan lebih terasa menyenangkan karena bisa menghiasi area rumah, aquaponik sangat mengunungkan dengan berbagai manfaat dan keuntungan bisa kita peroleh apalagi bisa mendapatkan 2 keuntungan sekaligus yaitu menanam tumbuhan dan memelihara ikan dengan cara lebih sehat dan alami. dan yang paling menarik adalah kita bisa memulai membuat rangkaian aquaponik dengan berbagai peralatan bekas yang sudah tak terpakai. Terimakasih telah membaca Memanfaatkan Lahan Sempit Dengan Aquaponik, Mudah Menyenangkan Dan Menguntungkan. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

loading...