Resep Cara Membuat Bubur Ayam Enak Untuk Sarapan Sehat dan Praktis Di Pagi Hari

Resep Cara Membuat Bubur Ayam Enak Untuk Sarapan Sehat dan Praktis Di Pagi Hari

Resep Cara Membuat Bubur Ayam Enak Untuk Sarapan Sehat dan Praktis Di Pagi Hari
Baru-baru ini ada sebuah penelitian yang menunjukan bahwa 7 dari 10 anak mengalami kekurangan gizi saat sarapan. Itu artinya hampir sebagian besar anak mengalami kekurangan gizi ketika sarapan. Kurangnya gizi saat sarapan sangat berbahaya terutama bagi  kesehatan anak. Kekurangan gizi saat sarapan dapat menyebabkan kondisi tubuh melemah dan kurangnya fokus saat konsentrasi dalam mengikuti pelajaran sekolah. Akibatnya adalah menurunnya prestasi anak di sekolah di luar bahaya bagi kesehatan.

Sarapan di pagi itu sangat penting bagi semua orang. Tubuh yang baru bangun tidur akan kehilangan banyak cairan dan nutrisi setelah tidur berjam-jam di malam hari. Dianjurkan untuk melakukan sarapan bergizi sebelum jam 09.00 pagi. Karena pada waktu tersebut tubuh dapat menyerap nutrisi makanan dengan lebih optimal.

Menu sarapan pagi juga harus kita perhatikan, janganlah mengkonsumsi makanan sembarangan di pagi hari. Kita harus pandai memilih menu sarapan yang sehat dan mengandung nutrisi yang cukup untuk tubuh. Sehingga kita bisa melakukan aktivitas lebih optimal dan lebih dapat fokus berkonsentrasi di siang hari. Jangan takut menjadi gemuk karena sarapan pagi. Sarapan pagi menggunakan menu berat pun tidak akan membuat tubuh anda menjadi gemuk asalkan anda mengkonusmsi porsi yang sesuai dengan kebutuhan nutrisi kita. 

Banyak orang yang menganggap sepele sarapan di pagi hari. Biasanya mereka bangun kesiangan sehingga tidak mempunyai cukup waktu untuk mempersiapkan menu sarapan sehat. Membuat menu sarapan pagi tidak harus susah. Kita bisa menyiapkan menu sarapan pagi dengan memanfaatkan bahan - bahan yang mudah di dapat dan mudah di olah dengan mempergunakan waktu yang sedikit. 

Kebiasaan buruk meninggalkan sarapan di pagi hari tanpa di sadari dapat menimbulkan beberapa macam penyakit yang bisa timbul kapan saja, seperti penyakit magh, nyeri lambung, typus dan penyakit lain.  Untuk mencegah terjadinya berbagai penyakit yang bisa datang kapan saja sebaiknya mulai hari ini kita sayangi diri anda dan keluarga dengan membiasakan diri untuk melakukan sarapan di setiap pagi. Tentu menu sarapan pagi anda haruslah bergizi untuk mendukung aktivitas berat di sampai siang hari.

Kita Bisa membuat menu sarapan yang sehat dan praktis untuk meghemat waktu anda. Menu sarapan yang baik dan sehat untuk tubuh biasanya adalah makanan yang memiliki kandungan karbohidrat yang tinggi dan di dukung dengan kandungan gizi lainnya. Agar dapat memberikan energi yang cukup untuk tubuh sampai siang hari

Salah satu menu sarapan pagi yang sehat, mudah dibuat dan praktis adalah bubur ayam. Hampir semua orang menyukai jenis makanan ini. Selain mudah di buat tentu sarapan bubur ayam cukup memberikan gizi bagi tubuh kita.. Dan inilah salah satu Resep Cara Membuat Bubur Ayam Enak Untuk Sarapan Sehat dan Praktis Di Pagi Hari.

Resep Bubur Ayam Enak Untuk Sarapan Sehat di Pagi Hari :

1. Siapkan  Bahan Untuk Membuat Bubur Ayam :

 * 100g beras
 * 2 l kaldu ayam
 * 1 cm jahe, memarkan
 * 2 sdt garam

2. Siapkan Bahan Untuk Bumbu Bubur Ayam :

 * 2 siung bawang putih, cincang halus
 * 1 buah paha ayam atas bawah, rebus, suwir-suwir
 * 1 buah (250 g) tahu, potong dadu, goreng hingga agak kekuningan, tidak terlalu garing
 * Kecap asin secukupnya
 * 1 sdm kecap manis atau secukupnya
 * Garam secukupnya
 * Merica bubuk secukupnya
 * Gula pasir secukupnya
 * 1 tangkai seledri, iris halus
 * 250 ml air

3. Siapkan Bahan Pelengkap Bubur Ayam :

 * 1 tangkai daun bawang, iris
 * 2 sdm bawang merah goreng
 * 50 g stik keju (bila tak ada masalah dengan kolesterol)

4. Cara Membuat Bubur Ayam :

 * Rebus air kaldu ayam dan jahe sampai air mendidih sambil diberi sedikit garam.
 * Masukkan beras yang sudah dicuci bersih.
 * Masak sampai kental sambil terus diaduk.
 
Siapkan bumbu untuk bubur ayam :
* Tumis bawang putih sampai harum.
* Masukkan ayam yang telah di potong dengan cara di suwir beserta tahu goreng. Aduk rata.
* Tambahkan kecap asin, kecap manis, garam, merica bubuk, dan gula pasir. Aduk rata.
* Tuang air. Masak sampai mengental.
* Beri seledri. Aduk rata.
* Sajikan bubur dengan bumbu bakmoy, taburi bawang goreng dan daun bawang serta keju

Sarapan sehat di pagi hari telah siap, dan bisa di nikmati untuk 4 porsi.

5. Kandungan Gizi Bubur Ayam Per Porsi

 * Kalori 163 kal
 * Protein 10,5 g
 * Lemak 3,9 g
 * Karbohidrat 23 g
 * Kolesterol 9,9 mg
 * Serat 0,4 g



Kini bubur ayam enak telah siap. mudah bukan Membuat Bubur Ayam Enak Untuk Sarapan Sehat dan Praktis Di Pagi Hari, menyiapkan menu sarapan pagi sehat dengan membuat bubur ayam yang enak. Tentu akan lebih baik jika menu sarapan bisa di ganti ganti. Agar kita tidak bosan mengkonsumsi makanan yang sama setiap hari. Namun anda tetap harus memperhatikan kandungan gizi untuk menu sarapan. Aga kualitas sarapan anda dan keluarga selalu sehat, agar anda dan keluarga bisa menjalani kehidupan dengan lebih sehat, indah dan optimal. Terimakasih dan semoga bermanfaat.


Sumber : http://zonamakan.blogspot,co,id
loading...