Pahami Gejala Insomnia, Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia Secara Detil

Pahami Gejala Insomnia, Penyebab dan Cara Mengatasi Insomnia Secara Detil


Apakah Anda sudah berjuang untuk mendapatkan tidur berkualitas dengan tidak peduli seberapa lelah Anda, namun belum bisa untuk memejamkan mata? Atau apakah Anda sering terbangun di tengah malam dan terjaga selama beberapa jam?

Insomnia adalah masalah umum bagi sebagian orang, kebiasaan atau pola hidup yang sering begadang bisa membuat orang tekena insomnia. Bahkan Insomnia kronis dapat berkontribusi pada masalah kesehatan yang serius. Tapi Anda tidak boleh menyerah untuk tidak tidur. Dengan perubahan-perubahan sederhana dalam kebiasaan dan gaya hidup harian Anda  ternyata dapat menghentikan penyakit insomnia anda, bahkan tanpa perlu obat.

 

Tidak Bisa Tidur? Pahami Insomnia dan Gejalanya

Insomnia adalah ketidakmampuan untuk mendapatkan jumlah tidur yang Anda butuhkan untuk terbangun dengan perasaan beristirahat dan segar. Karena orang yang berbeda membutuhkan jumlah tidur yang berbeda, insomnia didefinisikan oleh kualitas tidur Anda dan bagaimana Anda merasa setelah tidur — bukan jumlah jam Anda tidur atau seberapa cepat Anda tertidur. Bahkan jika Anda menghabiskan delapan jam tiap malam di tempat tidur, jika Anda merasa lelah dan mengantuk pada siang hari, Anda mungkin mengalami insomnia.

Gejala insomnia, Di antaranya adalah ::

* Kesulitan tidur meskipun badan sudah lelah
* Kesulitan tidur kembali ketika terbangun di malam hari, (ngelilir)
* Bangun terlalu awal di pagi hari
* Bergantung pada obat tidur atau alkohol untuk bisa tidur
* Tidak merasa segar setelah tidur
* Siang hari mengantuk, kelelahan atau iritabilitas
* Kesulitan berkonsentrasi pada siang hari

Penyebab Insomnia: Cari Tahu Mengapa Anda Tidak Bisa Tidur??

Untuk benar-benar mengatasi insomnia Anda, Anda perlu untuk menjadi seorang detektif. Masalah-masalah emosional seperti stres, kecemasan dan depresi dapat menyebabkan sekitar setengah dari semua kasus insomnia. Tetapi kebiasaan tidur di siang hari  terlalu lama dan kesehatan fisik juga dapat menjadi penyebab utama Insomnia.

Penyebab insomnia

Kadang-kadang, insomnia hanya berlangsung beberapa hari dan akan hilang sendiri, insomnia atau tidak bisa nya anda mendapatkan kualitas tidur yang baik di malam hari dapat di sebabkan oleh, stres selama belajar / bekerja. Insomnia kronis, namun, biasanya juga bergantung kepada masalah psikologis atau medis mendasar.


Beberapa masalah penyebab Insomnia diantaranya adalah :


Masalah psikologis dan tekanan emosional.

Kegelisahan dan depresi adalah dua penyebab paling umum dari insomnia kronis. Penyebab umum lainnya emosional dan psikologis termasuk stres kronis atau signifikan kehidupan, kemarahan, kekhawatiran, kesedihan, gangguan bipolar dan trauma.

Masalah medis atau penyakit.
Banyak kondisi medis dan penyakit yang dapat berkontribusi untuk menjadi insomnia, termasuk asma, Alergi, penyakit Parkinson, hipertiroidisme, asam refluks, penyakit ginjal, dan kanker. Sakit kronis juga adalah penyebab yang sangat umum insomnia.

Obat-obatan.
Resep Obat ternyata banyak juga yang dapat mengganggu kualitas tidur, termasuk antidepresan, stimulan untuk ADHD, kortikosteroid, hormon tiroid, obat tekanan darah tinggi, dan beberapa kontrasepsi. Penyebab umum over-the-counter mencakup obat dingin dan flu yang mengandung alkohol, nyeri obat penghilang gejala yang mengandung kafein (Midol, Excedrin), diuretik dan pil pelangsing.

Gangguan tidur.
Insomnia sendiri adalah gangguan tidur, tetapi juga dapat merupakan gejala gangguan tidur lainnya, termasuk apnea tidur, Sindrom kaki Resah, dan gangguan ritme sirkadian terikat jet lag atau bekerja shift malam.

Hal ini penting untuk mengidentifikasi semua kemungkinan penyebab insomnia Anda, termasuk hal-hal yang Anda lakukan pada siang hari atau menjelang tidur yang mengganggu kualitas tidur.

* Apakah lingkungan tidur Anda berisik, terlalu terang, atau sangat tidak nyaman?
* Apakah Anda menonton TV, bermain video game, atau menggunakan komputer, tablet atau smartphone tempat tidur?
* Apakah Anda minum minuman berkafein (kopi, teh, soda) dalam waktu dekat sebelum jam tidur?
* Apakah Anda menjaga jadwal tidur tidak teratur?
* Apakah Anda berolahraga atau makan malam hari?
* Apakah Anda menggunakan alkohol untuk membuat Anda tertidur?

 

Pengobatan dan Penyembuhan Insomnia: Mengubah Kebiasaan Yang Dapat Mengganggu Kualitas Tidur Anda


Jika masalah medis atau emosional yang berkontribusi menjadi kan Anda insomnia, memperlakukan mereka dan mengatasi masalah tersebut adalah penting. Tapi Anda juga harus melihat pada siang hari kebiasaan dan tidur rutinitas yang berkontribusi mnjadikan Anda sulit tidur. Gunakan buku harian untuk mencatat dan mengidentifikasi insomnia dan mengetahui apa saja yang memungkinkan anda menjadi sebuah kebiasaan yang menyebabkan anda sulit tidur di malam hari.

Beberapa kebiasaan mungkin telah mendarah daging, sehingga Anda dapat mengabaikan kebiasaan tersebut sebagai kontributor yang mungkin menjadikan Anda insomnia. Mungkin kebiasaan mengopi Anda mempengaruhi tidur Anda, Atau mungkin Anda tidak pernah membuat sambungan antara Anda menonton TV larut malam atau bermain Internet atau gaming online sehingga akhirnya membuat anda kesulitan tidur. Buku harian tidur adalah cara yang berguna untuk menentukan kebiasaan dan perilaku yang berkontribusi menjadikan anda insomnia.

Mengadopsi Kebiasaan Baru Untuk Membantu Anda Tidur












* Menempel jadwal rutin tidur. Dukungan jam biologis Anda dengan pergi ke tempat tidur dan bangun pada waktu yang sama setiap hari, termasuk akhir pekan.
* Hindari tidur siang. Tidur siang hari dapat membuatnya lebih sulit untuk tidur di malam hari. Jika Anda merasa seperti Anda harus tidur siang, membatasi sampai 30 menit sebelum pukul 15: 00
* Batasi kafein, alkohol, dan nikotin. Berhenti minum minuman berkafein setidaknya delapan jam sebelum tidur. Sementara alkohol dapat membuat Anda merasa mengantuk, itu bertentangan dengan kualitas tidur Anda, dan Nikotin merupakan stimulan.
* Hindari makan sebelum tidur. Cobalah untuk menghindari makanan yang berat, kaya dalam waktu dua jam dari tempat tidur. Makanan berlemak dapat mengambil banyak pekerjaan untuk perut Anda untuk mencerna dan makanan pedas atau asam dapat menyebabkan mulas.
* Olaharaga teratur. Olahraga teratur dapat memperbaiki gejala insomnia, tetapi tidak perbaikan cepat. Dibutuhkan beberapa bulan untuk merasakan efek penuh. Bertujuan untuk 30 menit atau lebih aktivitas di hampir setiap hari- tetapi tidak terlalu dekat dengan waktu tidur.

Mengembangkan Rutinitas Agar Bisa Tidur Lebih Baik

Tidak hanya apa yang Anda lakukan sepanjang hari yang mempengaruhi kualitas Anda tidur, tetapi juga hal-hal yang Anda lakukan untuk mempersiapkan pikiran dan tubuh untuk tidur.

Pastikan Kamar Anda Nyaman
Pastikan kamar tidur Anda sangat dingin, gelap dan tenang. Suara, cahaya, dan panas dapat mengganggu tidur. Coba gunakan mesin suara atau penutup telinga untuk menyembunyikan kebisingan luar, buka jendela atau penggemar untuk menjaga kamar dingin, dan tirai atau masker tidur untuk menghalangi cahaya.


Hindari Stres Sebelum Tidur
Hindari aktivitas dan situasi yang dapat merangsang anda menjadi stres sebelum tidur. Ini termasuk olahraga berat, besar diskusi atau argumen atau penangkapan sampai pada pekerjaan. Sebaliknya, berfokus pada tenang, menenangkan kegiatan, seperti membaca, merajut, atau mendengarkan musik yang lembut, sambil menjaga lampu rendah


Tinggalkan Gadget Sebelum Tidur

Mematikan layar elektronik satu jam sebelum tidur. Cahaya yang dipancarkan dari TV, tablet, smartphone dan komputer menekan tubuh Anda produksi melatonin dan dapat sangat mengganggu tidur Anda. Daripada mengirim email, SMS, menonton TV atau bermain video game, cobalah mendengarkan buku pada pita, podcast, atau membaca oleh cahaya lembut.

Mengatasi Insomnia Jika Anda Bekerja Dengan Shift Kerja

Bekerja malam atau pergantia Shift kerja yang tidak teratur dapat mengganggu jadwal tidur Anda. Anda mungkin dapat membatasi dampak buruk dengan tips:

* Menyesuaikan siklus tidur-bangun Anda dengan membuka diri terhadap cahaya terang ketika Anda bangun di malam hari, menggunakan lampu terang atau simulasi-siang hari lampu di tempat kerja Anda, dan kemudian memakai kacamata gelap di rumah perjalanan Anda untuk memblokir sinar matahari dan mendorong rasa kantuk.
* Membatasi jumlah masuk kerja di malam hari atau pergantian shift kerja yang tidak teratur. Usahakan jangan terlalu sering berganti - ganti shift kerja dalam satu minggu karena hal tersebut dapat memicu terjadinya insomnia karena siklus tidur anda tidak teratur.
* Hilangkan kebisingan dan cahaya dari kamar tidur Anda sepanjang hari. Menggunakan tirai atau masker tidur, matikan telepon, dan menggunakan penutup telinga (ear plugs) untuk meredam suara dan untuk memblokir kebisingan siang hari.

Pengobatan dan Penyembuhan Insomnia: Menetralisir Rasa Cemas Sebelum Tidur

Semakin banyak masalah yang Anda hadapi tentu akan mempengaruhi kualitas tidur anda, Semakin banyak rasa cemas akan kehidupan anda akan membuat anda semakin tidak bisa tidur. Sebaiknya sembuhkan dulu rasa cemas anda dengan menetralisir rasa cemas anda. beberapa tips dan cara untuk menetralisir rasa cemas yang mungkin menghinggapi Anda diantaranya adalah

* Gunakan kamar tidur hanya untuk tidur dan seks.
Jangan bekerja, membaca, menonton TV, atau menggunakan komputer Anda di tempat tidur atau kamar tidur. Tujuannya adalah untuk mengasosiasikan kamar tidur dengan tidur sendirian, sehingga otak dan tubuh Anda mendapatkan sinyal kuat bahwa sudah waktunya untuk mengantuk ketika Anda mendapatkan tempat tidur.

* Segera keluar dari tempat tidur ketika Anda tidak bisa tidur.
Jangan mencoba untuk memaksa diri untuk tidur. Melemparkan dan berpaling hanya karena cemas. Bangun, segera tinggalkan kamar tidur dan lakukan sesuatu yang santai, seperti membaca, minum secangkir teh hangat bebas kafein, mandi atau mendengarkan musik yang menenangkan. Ketika Anda mengantuk, kembali ke tempat tidur.

* Memindahkan jam di kamar tidur
.
Cemas menonton jam dari menit demi menit membuat anda tidak bisa mendapatkan tidur yang berkualits.Sebaiknya pindah Jam dinding besar yang ada di kamar anda. Namun Anda bisa memanfaatkan jam beker atau jam dengan alarem yang keras untuk menemani tidur anda, namun hindari kebiasaan melihat jam dari menit ke menit. Anda bisa tidur untuk mengetahui bahwa waktu tidur Anda akan habis saat alarm berbunyi, hal tersebut adalah satu resep jitu untuk insomnia. Anda dapat menggunakan alarm, tetapi pastikan Anda tidak dapat melihat waktu ketika Anda sedang di tempat tidur.

Insomnia memanglah penyakit yang menakutkan, terlebih jika anda tidak segera menangani masalah tersebut dan bisa menjadi lebih parah. Selain menggangggu kesehatan insomnia juga tentu akan mengganggu aktivitas anda sehari-hari. Pekerjaan jadi terbengkalai, konsentrasi menjadi buyar, belajar pun jadi  tidak bisa fokus jika anda mengalami Insomnia tersebut. Oleh karena itu segera lah atasi Insomnia dengan cara- cara yang paling anda anggap mudah terlebih dahulu. Tulis di buku catatan tentang keberhasilan dan kegagalan anda dalam mengatasi masaalah Insomnia. Semoga dapat bermanfaat dan terimakasih.




Sumber : http://www.helpguid,.org/
loading...