Pasca Teror di Sarinah, Ini Tips Saat Terjebak Dalam Situasi Pengeboman

Pasca Teror di Sarinah, Ini Tips Saat Terjebak Dalam Situasi Pengeboman 


Kamis 14 januari 2106, menjadi hari duka bagi kota Jakarta. Pasalnya di hari itu sekitar jam 11.00 pagi sampai siang terjadi beberapa ledakan bom oleh aksi teror yang merenggut beberapa korban, Di kabarkan ada 6 korban dan belasan lainya luka-luka. Tentu hal itu menjadi kabar duka bagi kita khususnya masyarakat Indonesia.

Rasa takut pasti menghampiri, mengingat biasanya serangan bom tidak di lakukan satu kali, bisa ada serangan susulan sebagai salah satu bentuk strategi mereka.  Meskipun pihak kepolisian telah melakukan evakuasi dan melakukan aksi pengamanan untuk melumpuhkan kemungkinan aksi teror berikutnya

Tapi apa daya kita sebagai manusia biasa yang tentu tidak bisa melawan maut, Kita hanya memiliki satu nyawa saja yang di berikan oleh Allah SWT. hal yang bisa kita lakukan hanya berusaha dan berdoa agar semua segera bisa lebih baik.

Mengingat aksi terorisme dapat menimpa siapapun dan kapanpun tanpa bisa di duga. Kita tentu harus waspada dan lebih hati-hati terhadap segala kemungkinan yang terjadi.

National Terror Alert Federal Bureau of Investigation dari Amerika melaporkan bahwa sebesar 70 persen aksi terorisme, dilakukan dengan menggunakan bom. Meskipun data ini hanya "menurut" dan belum menunnjukan kepastian namun ada baiknya kita sebagai manusia juga bisa lebih berhati-hati.

Pada kesempatan kali ini, untuk sedikit mengurangi rasa panik yang melanda kita, kami ingin sedikit berbagi tentang bagaimana yang seharusnya kita lakukan ketika kita terjebak di situasi aksi teror bom. kita harus senantiasa bisa bersiap jika terjebak dalam keadaan aksi teror ini. Salah satu tips terpenting adalah Jika Anda sedang berada di rumah atau ruang publik maka segeralah pergi dari lokasi kejadian aksi teror sejauh mungkin. Namun Jika berada di kantor / Tempat kerja, sekolah atau ruang indoor maka ikuti petunjuk evakuasi yang mungkin di pimpin oleh petugas keamanan setempat.

Berikut adalah beberapa hal yang harus Anda lakukan jika menghadapi situasi aksi teror yang tidak anda duga atau setelah terjadi aksi teror,  diantaranya adalah  :


1. Berdoa memohon keselamtan dan kebaikan kepada Allah SWT.
2. Segera untuk meninggalkan lokasi aksi teror tersebut cari tempat aman atau pulang kerumah.
3. Hindari lokasi keramaian. Lokasi ramai justru bisa menjadi sasaran untuk serangan kedua.
4. Hindari mobil dan truk atau kendaraan lain yang mencurigakan. Kendaraan yang mencurigakan biasanya kosong tanpa penumpang dan kemungkinan terdapat bahan peledak.
5. Hindari bangunan yang telah rusak agar tidak terkena kaca dan puing-puing berjatuhan. Menjauhlah setidaknya 200 meter dari lokasi bekasi kejadian.
6. Ikuti arahan petugas / keamanan di lokasi. (Polisi, pemadam kebakaran atau militer atau jika di kantor, pengawas.)
7. Segera hubungi polisi jika sudah di posisi aman, namun apabila polisi belum berada di lokasi dan Anda melihat seseorang yang cedera serius, cari bantuan. Jangan berusaha untuk menangani situasi tersebut sendiri, karena bisa saja lokasi tersebut belum aman.
8. Bantu orang-orang cedera atau mereka yang perlu bantuan untuk meninggalkan lokasi.


Nagh, itulah sedikit tips yang mungkin bisa anda lakukan jika terjadi aksi teror serupa, meskipun tips dan langkah di atas mungkin akan sangat berbeda dengan keadaan yang sebenarnya paling tidak anda bisa tahu point yang bisa anda lakukan. mari kita doakan semoga korban dan keluarga bisa mendapatkan kondisi yang semestinya dan segera mendapat kesehatan, Pray for jakarta dan jangan lupa untuk selalu pray 5 waktunya. Oke terimakasih.


Sumber :  http://www.wowkeren,com/
loading...