Tips Ampuh Memilih dan Merencanakan Investasi Bagi Pemula

Tips Ampuh Memilih dan Merencanakan Investasi Bagi Pemula


Salah satu trik orang kaya yang bisa selalu kaya adalah dengan melakukan investasi, sehingga meskipun dirinya tidak bekerja, maka uang hasil investainya yang akan memberikannya keuntungan, Apalagi jika setiap waktu ia melakukan investasi, bisa di bayangkan betapa setiap hari jumlah kekayaanya bisa bertambah.


Menurut pakar keuangan, investasi memang mungkin bukan cara yang tepat untuk menjadikan anda kaya, namun setidaknya dengan melakukan investasi yang benar, kekayaan anda akan tetap terjaga. Karena seperti yang kita tahu, nilai inflasi yang setiap tahun terus menurun membuat nilai uang yang kita miliki juga tentu akan semakin berkurang, sehingga apabila anda memiliki dana yang tidak terpakai akan lebih baik jika di investasikan ke jalan yang benar.

Lalu bagaimana cara menginvestasikan dana bagi seorang pemula? Gunakanlah tips dan langkah-langkah kunci berikut ini untuk membantu menemukan investasi yang tepat untuk Anda.

1. Periksa kebutuhan dan tujuan Anda
2. Mempertimbangkan berapa lama Anda dapat berinvestasi
3. Membuat rencana investasi
4. Memutuskan Investasi Yang Cocok
5. Preiksa Biaya Administrasi Investasi
6. HIndari Investasi dengan Risiko Tinggi
7. investasi untuk menghindari
8. memeriksa secara berkala – tetapi tidak 'saham-watch'

Kunci investasi langkah, Mari kita mulai melakukan perencanaan investasi yang dapat memberikan keuntungan dahsyat bagi keuangan kita.

1. Periksa Kebutuhan dan Tujuan Anda

Hal ini juga layak untuk membutuhkan waktu untuk berpikir tentang apa yang Anda inginkan dari investasi Anda. Mengetahui diri sendiri, kebutuhan dan tujuan dan juga nafsu makan Anda untuk risiko adalah awal yang baik. Periksalah kebutuhan bulanan anda, jika memang ada dana yang lebih sebaiknya segera investasikan untuk menghindari jatuhnya nilai inflasi setiap tahunya..



2. Mempertimbangkan Berapa Lama Anda Dapat Berinvestasi

Pikirkan tentang berapa lama waktu yang Anda perlukan untuk mendapatkan uang Anda kembali. Kerangka waktu yang berbeda untuk tujuan yang berbeda dan akan mempengaruhi jenis risiko yang Anda pilih sehingga Anda dapat mengambil jika anda membuthkanya. Sebagai contoh:

Jika Anda menabung untuk deposit rumah dan berharap untuk membeli dalam beberapa tahun, investasi seperti saham atau dana tidak akan cocok karena nilai saham tersebut tidak menentu. JIka anda memang menginginkan pembelian dalam jangka pendek sebaiknya lakukan investasi yang uangnya bisa di ambil dalam jangka pendek namun tetap bisa memberikan keuntungan.

Jika Anda sedang menabung untuk dana pensiun Anda dalam waktu 25 tahun, Anda dapat mengabaikan jangka pendek jatuh pada nilai investasi Anda harus fokus pada jangka panjang. Dalam jangka panjang, investasi selain uang tabungan cenderung memberi Anda kesempatan yang lebih baik mengalahkan inflasi dan mencapai tujuan pensiun Anda.




3. Membuat Rencana Investasi

Setelah tujuan investasi Anda jelas terhadap kebutuhan dan tujuan investasi anda dan telah dinilai berapa banyak risiko yang akan Anda hadapi, langkah selanjutnya adalah menyusun rencana investasi. Ini akan membantu Anda mengidentifikasi jenis-jenis produk yang bisa cocok untuk Anda.

Sebuah aturan yang baik adalah untuk memulai dengan investasi risiko rendah, seperti Tabungan, deposito. Kemudian, tambahkan media-risiko investasi seperti unit, misalnya seperti rumah, ruko, tanah dan sebagainya, Kemudian setelah itu tingkatkan investasi anda ke level berikutnya yang dapat menjanjikan keuntungan yang lebih besar seperti investasi saham.


4.. Memutuskan Investasi Yang Cocok Untuk Anda


Jika anda mulai bingung dengan investasi apa yang sebaiknya anda jalankan anda boleh saja berkonsultasi dengan ahli keuangan. Jika dana anda banyak untuk investasi anda bisa melakukan investasi individu dengan keuntungan yang 100% untuk anda, tapi jelas hal ini akan memberikan risiko yang lebih besar, jika usaha yang anda jalankan merugi.

Jika anda memang masih benar - benar takut anda bisa melkukan investasi dengan membeli saham kecil-kecilan, yangs edang populer kali ini adalaha saham reksadana, dimana anda bisa melakukan inestasi tiap bulan mulai dari seratu ribu rupiah, wow cukup mudah kan untuk seorang pemula.


5. Periksa Biaya Administrasi Investasi

Jika Anda membeli investasi, seperti saham individu, langsung, Anda akan perlu menggunakan layanan perdagangan saham dan membayar biaya administrasi. Jika Anda memutuskan dana investasi, ada biaya, misalnya untuk membayar para fund manager. Dan, jika Anda mendapatkan nasihat keuangan, Anda akan membayar penasihat untuk ini.

Apakah Anda sedang mencari saham, reksa dana atau penasihat, biaya bervariasi dari satu perusahaan ke yang lain. Tanyakan setiap perusahaan untuk menjelaskan semua biaya mereka sehingga Anda tahu apa yang akan Anda bayar, sebelum melakukan pembayaran dengan uang Anda. Sementara biaya yang lebih tinggi kadang-kadang berarti berkualitas lebih baik, selalu Tanyakan apakah yang dikenakan biaya wajar dan jika Anda bisa mendapatkan kualitas sama dan membayar kurang di tempat lain.


6. Hindari Produk Investasi Dengan Risiko Tinggi


JIka anda adalah seorang pemula dalam dunia invenstasi, sebaiknya kenali terlebih dahulu sistem kerja dari produk investasi tersebut. karena bisa juga produk investasi tersebut memiliki risiko yang besar. Sudah banyak contoh investasi yang berujung penipuan, Kenali siapa pemilik saham atau penyelenggara investasi, kenali sistem kerja dan fikir apakah itu masuk akal, kenali segala peraturan yang ada pada produk investasi tersebut, bagaimana jika produk tersebut mengalami kerugian dan lain sebagainya.


Sebaiknya investasikan dana anda untuk sesuatu yang lebih jelas dan nyata walaupun menghasilkan keuntungan yang tidak terlalu besar, setidaknya hal itu tidak membuat anda pusing memikirkan tabel naik turun keuntungan dan kerugian.


7. Memeriksa Secara Berkala Tapi Jangan Terlalu Sering

Penelitian menunjukkan bahwa investor yang menonton investasi mereka hari ke hari cenderung untuk membeli dan menjual terlalu sering dan mendapatkan hasil yang lebih sedikit daripada investor yang meninggalkan uang mereka tumbuh untuk jangka panjang.

Setelah satu tahun anda menanam investasi pastikan bahwa Anda tetap melacak bagaimana investasi Anda mendapat perkembangan atau justru penurunan. Lakukan investasi berikutnya dan sesuaikan dengan tabungan Anda, seberapa besar investasi yang diperlukan untuk mencapai tujuan Anda.

Namun, jangan tergoda untuk bertindak setiap kali harga bergerak dalam arah yang tidak terduga. Pasar naik dan turun sepanjang waktu dan, jika Anda adalah seorang investor jangka panjang, Saham Anda akan dapat naik dan keluar dari fluktuasi ini.


Untuk melakukan investasi, sebagai pemula harus membutuhkan strategi dan ilmu pengetahuan mendasar mengenai investasi. Sebaiknya anda jangan terburu - buru menanam modal dengan dana yang besar, mulailah dengan nilai investasi kecil perbulanya, dan usahakan investasikan dana anda di beberapa investasi dengan beberapa kategori risiko, Misalnya Selain membeli sahah dengan risiko besar anda juga harus menabung untuk mendapatkan nilai investasi dengan nilai risiko kecil.
Itulah ulasang singkat mengenai Tips Ampuh Memilih dan Merencanakan Investasi Bagi Pemula. Semoga bermanfaat dan terimakasih.

sumber : https://www.moneyadviceservice,org.uk
loading...