CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK SECARA ALAMI

CARA MENGATASI RAMBUT RONTOK SECARA ALAMI


Rambut rontok adalah hal yang wajar dan normal. Setidaknya rambut kita akan mengalami kerontokan rambut sekitar 40-120 helai, sedangkan jumlah rambut kita dapat mencapai 100 ribu helai. Tetapi apabila anda mengalami kerontokan lebih dari batas normal maka perlu dilakukan perawatan yang baik sehingga kerontokan pada rambut tidak bertambah parah. Rambut rontok dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya karena polusi, paparan sinar matahari, faktor hormon, stres, pemakaian bahan kimia, dan masih banyak lagi.

Meskipun hanya menggunakan bahan alami ternyata hasilnya cukup efektif dan tentunya tidak memberikan efek samping pada kesehatan rambut. Cara mengatasi rambut rontok secara alami menjadi salah satu solusi terbaik karena cara tersebut sangat murah dan mudah untuk didapatkan di lingkungan sekitar anda.

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi rambut rontok menggunakan bahan-bahan alami yang bisa anda terapkan.

1.    Lidah Buaya
Lidah Buaya ternyata tidak hanya mampu membuat rambut lebih sehat, tetapi juga lebih kuat dan mampu merangsang pertumbuhan rambut pada kulit kepala anda. Caranya adalah basahi rambut dan tunggu sampai setengah kering, setelah itu oleskan lendir yang terdapat pada daging lidah buaya secara merata pada rambut dan kulit kepala anda selama kurang lebih 15-20 menit,kemudian bersihkan menggunakan shampo hingga bersih,  lakukan hal ini 2 atau 3 kali seminggu.

2.    Kemiri
Kandungan minyak kemiri mampu membuat rambut menjadi lebih hitam, sehat, dan mampu mengatasi masalah kerontokan rambut. Cara menggunakannya adalah dengan menyangrai kemiri yang sudah ditumbuk kasar. Setelah disangrai kemudian tumbuh sampai halus dan mengeluarkan minyak. Selanjutnya oleskan minyak kemiri tersebut pada rambut anda, setelah itu bersihkan menggunakan shampo hingga bersih.

Namun pada jaman sekarang, kita tidak perlu lagi ribet untuk mendapatkan minyak kemiri. Sekarang kita sangat mudah menemukan minyak kemiri di toko-toko obat herbal sekitar rumah kita. Untuk penggunaannya cukup mengoleskan beberapa tetes minyak kemiri ke seluruh rambut diamkan selama satu jam kemudian bersihkan menggunakan shampo.

3.    Madu
Madu dipercaya mempunyai manfaat yang sangat banyak, madu juga bisa digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Cara adalah menggunakan madu sebagai masker rambut dengan mengoleskan madu pada rambut dan kulit kepala sampai merata, lakukan juga pijatan lembut pada kulit kepala anda, diamkan selama 10-15 menit. Kemudian bilas dengan air bersih.

4.    Teh Hijau
Selain mampu menurunkan berat badan, teh hijau juga dapat digunakan untuk mengatasi rambut rontok. Hal ini dikarenakan teh hijau banyak mengandung anti oksidan yang mampu membuat pertumbuhan rambut meningkat. Cara menggunakannya juga mudah yaitu siapkan 2 kantong teh hijau dan seduh menggunakan air hangat. Gunakan air seduhan tersebut untuk membasahi rambut dan kulit kepala.Diamkan selama satu jam agar teh hijau meresap kedalam kulit kepala. Setelah itu gunakan air bersih untuk membilasnya. Lakukan cara ini secara teratur agar hasilnya maksimal.

5.    Buah Alpukat
Cara selanjutnya adalah dengan memanfaatkan buah alpukat. Kandungan protein yang terdapat pada buah alpukat bermanfaat untuk menguatkan rambut dan mampu memberi nutrisi pada rambut serta mampu merangsang pertumbuhan rambut anda. Caranya Adalah belah alpukat mejadi dua bagian, ambil daging buah alpukat kemudian haluskan. Oleskan buah alpukat yang sudah halus tersebut pada  rambut dan kulit kepala secara merata. Diamkan selama kurang lebih 20 menit, kemudian bilas menggunakan air bersih sampai bersih.

6.    Yogurt
Cara mengatasi rambut rontok menggunakan yogurt cukup mudah yaitu dengan mengoleskan yogurt tawar ke rambut dan pijatlah secara lembut pada kulit kepala anda. Biarkan selama 5-10 menit. Kemudian bilaslah dengan menggunakan air bersih.Agar hasil maksimal lakukan cara ini 2 hingga 3 kali seminggu.

7.    Minyak Zaitun
Olive Oil atau minyak zaitun mempunyai banyak manfaat salah satunya adalah untuk mengobati rambut rontok. Caranya cukup mudah, tuangkan beberapa tetes minyak zaitun, kemudian oleskan pada rambut dan kulit kepala,lakukan juga pemijatan secara lembut pada kulit kepala anda. Lakukan secara rutin 2 kali dalam seminggu agar dapat memberikan hasil yang maksimal.

8.    Santan
Santan selain sebagai bahan makanan juga dapat dimanfaatkan untuk mengatasi rambut rontok. Selain itu santan juga dapat menjadikan rambut menjadi lebih berkilau. Caranya adalah siapkan segelas santan atau sesuai dengan ketebalan rambut anda kemudian oleskan keseluruh rambut sampai mengenai kulit kepala secara merata. Diamkan selama 30 menit, kemudian bilas menggunakan shampo dan air bersih.

Tubuh yang sehat juga memberikan dampak pada rambut anda, selain melakukan perawatan untuk mengatasi rambut rontok secara alami anda dapat juga memulai  untuk melakukan gaya hidup sehat dengan cara berolahraga ringan, makan makanan yang bernutrisi tinggi dan kaya akan protein.
Demikian beberapa cara mengatasi rambut rontok secara alami, semoga bermanfaat.



Updateceria.com
loading...