Buah Kelengkeng Baik Untuk Ibu Hamil? Hmm Ini Fakta Sebenarnya..

Buah Kelengkeng Baik Untuk Ibu Hamil? Hmm Ini Fakta Sebenarnya..


Buah Kelengkeng untuk ibu hamil?? Adat Jawa memiliki Mitos mengenai hal ini, orang tua pada jaman dahulu menyebut jika buah kelengkeng jika di konsumsi oleh ibu hamil adalah salah satu pantangan yang sangat penting dihindarkan, karena hal itu dapat membuat ibu hamil mengalami kesulitan dalam proses persalinannya nanti. Menurut Anda itu Mitos atau Fakta??

Dan ini adalah sebuah "Mitos". Buah kelengkeng yang tidak boleh di berikan kepada ibu hamil adalah sebuah kesalahan besar dan fatal yang justru sama sekali tidak memiliki dasar-dasar ilmiah.

Baca juga : Buah - Buahan Yang Baik Di Konsumsi Oleh Ibu Hamil Untuk Menjaga Kesehatan 

"Faktanya" Buah Kelengkeng jika di konsumsi oleh ibu hamil justru akan memberikan segudang manfaat yang sangat besar terutama bagi kesehatan dan kandunganya. Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas apa saja manfaat yang di peroleh oleh ibu hamil jika mengkonsumsi buah kelengkeng selama kehamilan seperti yang di lansir dari situs Pregnancy,com.

Buah Kelengkeng Untuk Ibu Hamil

Agar kita bisa mengetahui apa saja manfaat yang bisa kita peroleh dari buah kelengkeng, terutama bagi ibu hamil, alangkah baiknya kita harus mengetahui terlebih dahulu apa saja kandungan dari buah kelengkeng ini.

Berdasarkan data yang kami peroleh dari penelitian yang di lakukan Fakultas Pertanian UGM, kami bisa menyimpulkan bahwa buah kelengkeng rupanya mengandung beberapa senyawa yang justru penting untuk menjaga kesehatan tubuh, terutama bagi ibu-ibu hamil itu sendiri.Buah kelengkeng mengandung sukrosa, glukosa, vitamin A, vitamin B, lemak, protein, asam tartaric, dan fitokimia. Dan dari beberapa data di atas ternyata ke semua kandungan ini memberikan manfaat-manfaat bagi ibu hamil, dan diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Kelengkeng Dapat Meningkatkan Stamina Ibu Hamil

Kandungan glukosa dan sukrosa yang ada dalam buah kelengkeng dapat berguna dalam meningkatkan stamina ibu hamil yang biasanya tidak stabil. Ibu hamil yang sering mudah lemas dan tidak bersemangat sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah kelengkeng ini setelah makan. Mengkonsumsi buah kelengkeng sebagai buah pencuci mulut juga diketahui dapat mengatasi masalah susah tidur di malam hari, apabila buah kelengkeng ini dikonsumsi dalam jumlah dan waktu yang tepat.


2. Sebagai Obat Cacing Karena Buah Kelengkeng Mengandung Asam Tartic

Kandungan Asam Tartic yang terdapat dalam buah kelengkeng di percaya dapat mengatasi masalah cacingan pada ibu hamil. Ibu hamil terkadang dianjurkan untuk tidak mengkonsumsi obat cacing di masa kehamilannya, nagh bagi Ibu hamil yang takut mengkonsumsi obat cacing, Anda bisa memilih menggunakan obat cacing alami yang tanpa efek samping seperti buah kelengkeng ini.


3. Mengatasi Masalah Pencernaan Pada Ibu Hamil

Masalah pencernaan yang sering terjadi pada ibu hamil trimester pertama seperti mual, mulas, perut kembung, diare, serta susah buang air besar rupanya juga dapat diredakan dengan mengkonsumsi buah kelengkeng. Kelengkeng mengandung lemak dan protein nabati yang mudah dicerna dan mampu menstimulasi proses metabolisme dalam lambung ibu hamil.


4. Sumber Vitamin A dan vitamin C yang Baik Untuk Ibu Hamil

Setelah di teliti ternyata buah kelengkeng memiliki kandungan sumber vitamin A dan C yang sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh bagi ibu hamil. Daripada Anda mengkonsumsi suplemen vitamin yang di jual di apotek, mengkonsumsi vitamin dari sumber alami dari buah kelengkeng tentu akan sangat lebih baik dan lebih aman serta tentu lebih menyenangkan. Mengonsumsi vitamin dari sumber alami tidak akan menimbulkan efek samping seperti kelebihan dosis, atau efek samping yang dapat di timbulkan obat kimia lainnya.


5. Mengatasi Susah Buang Air Kecil Yang Kadang Di Alami Oleh Ibu Hamil

Organ perut yang sering turun selama masa kehamilan terutama pada ibu hamil yang masih tetap bekerja akan dapat menimbulkan gejala susah buang air kecil. Gejala seperti ini tentu sangat mengganggu, karena selain membuat tidak nyaman, hal ini juga akan dapat menyebabkan rasa sakit yang tak ter tahankan. Untuk mengatasi masalah susah buang air kecil tersebut, selain dengan memperbanyak minum, ibu hamil juga disarankan agar banyak mengkonsumsi buah-buahan yang bagus untuk ibu hamil, misalnya buah kelengkeng. Kelengkeng terbukti secara klinis sebagai obat yang mampu melancarkan buang air kecil tanpa efek samping apa pun.

Nah, itulah beberapa informasi mengenai manfaat kelengkeng yang fakta nya sangat baik jika di konsumsi oleh ibu hamil. Ternyata selain rasa kelengkeng yang enak, kelengkeng juga memiliki banyak sekali manfaat terutama bagi kesehatan. Oleh karena itu, memasukan buah kelengkeng ini ke dalam daftar konsumsi buah selama kehamilan Anda adalah ide yang sangat bagus.



 Sumber : dr. Retno   / ibu-hamil,web,id
loading...