Pingsan? Begini Langkah Pada Pertolongan Pertama, Jangan Keliru ya!!

 Pingsan? Begini Langkah Pada Pertolongan Pertama, Jangan Keliru ya!!



Mengutip dari website www.alodokter,com, pingsan adalah hilangnya kesadaran sementara yang terjadi secara tiba-tiba dan sering menyebabkan orang yang mengalaminya terjatuh. Kondisi yang memiliki istilah medis ‘sinkop’ ini termasuk kondisi yang umum terjadi. Diperkirakan sekitar dua dari lima orang pernah mengalaminya. Mungkin Anda juga termasuk dalam dua orang itu.

Masih mengutip dari www.alodokter,com, pingsan bisa terjadi saat tekanan darah mendadak turun yang mengakibatkan berkurangnya aliran darah ke otak. Hal inilah yang menyebabkan otak kekurangan oksigen. Penurunan aliran darah ini biasanya akan langsung diseimbangkan oleh tubuh secara otomatis. Tetapi jika proses penyesuaian tersebut memakan waktu terlalu lama, Anda akan berpotensi mengalami pingsan. Penyebab di balik penurunan aliran darah ke otak bisa beragam, misalnya:

Malafungsi yang bersifat sementara pada sistem saraf otonom, yaitu sistem saraf yang mengendalikan fungsi otonom (tidak dapat dikendalikan secara sadar atau seperti otomatis) tubuh (seperti detak jantung dan tekanan darah). Ini merupakan penyebab di balik sebagian besar kasus pingsan.

Gangguan fungsi ini dapat dipicu oleh stres, rasa sakit yang terjadi tiba-tiba, berdiri terlalu lama, tertawa, serta bersin.

Tekanan darah yang mendadak turun, misalnya karena terlalu cepat berdiri dari posisi duduk atau tidur, diabetes, dehidrasi, gangguan saraf, serta obat-obatan (misalnya, obat anti-hipertensi atau antikonvulsan).

Gangguan jantung. Kondisi ini bisa mengganggu kelancaran aliran darah ke otak.

Kejang, terutama kejang anosik refleks. Jenis kejang ini lebih sering dialami oleh anak-anak, khususnya saat mereka menangis kejer.

Selain hal-hal di atas, tentunya Anda juga perlu tahu bagaimana cara menangani orang yang pingsan.

Jika Anda menemukan rekan atau keluarga atau siapa pun yang pingsan, Anda dapat melakukan pertolongan pertama pada orang tersebut.

Berikut ini adalah apa yang harus Anda lakukan jika ada orang pingsan di sekitar Anda.

1. Amankan penderita pingsan ke tempat yang teduh.
2. Longgarkan pakaian atau aksesoris yang terlalu ketat.
3. Periksa tingkat respon dan jalan napas.
4. Jika wajah korban pucat pasi, badan diposisikan lebih tinggi dari kepala supaya darah dapat mengalir ke kepala.
5. Jika wajah korban merah, maka sanggah kepalanya agar darah di kepala dapat mengalir ke tubuh (prinsip bejana berhubungan).
6. Berikan bau-bauan yang menyengat dan dapat merangsang.
Jangan dikerumuni banyak orang.
7. Jika korban muntah, miringkan kepala korban agar utahan bisa keluar dengan mudah sehingga jalan pernapasan bisa lancar kembali.
8. Jika korban belum sadar, maka dilakukan penekanan syaraf pada bagian pundak korban.
9. Setelah korban siuman, berikan minuman hangat.
10. Tetapi jika korban tidak sadar-sadar, sebaiknya bawa ke pusat kesehatan.

Demikian saja yang dapat saya tuliskan pada kesempatan ini. Semoga bermanfaat. Salam sehat! ^^
updateceria.com  




Sumber:
www.alodokter,com
catatan pribadi penulis
loading...