Resep Rahasia Membuat Cilok Khas Bandung Bumbu Kacang Yang Nikmat, Enak, dan Gurih

Resep Rahasia Membuat Cilok Khas Bandung  Bumbu Kacang Yang Nikmat, Enak, dan Gurih 

Resep cara membuat cilok - Cilok adalah makanan khas bandung yang begitu fenomenal, karena hampir di setiap penjuru daerah di Indonesia ada saja para penjual jajanan cilok khas bandung. Dari namamnya cilok adalah Aci di Colok, bahasa sunda. 

Siapa si yang gak suka cilok?? hmmm pasti semua suka ya, jajanan wajib anak sd ini memang begitu menggiurkan dan membuat lidah meleleh ingin menyantapnya lagi dan lagi.

Baca juga : Resep Pizza Sederhana dengan Teflon

Berikut ini ada resep cara membuat cilok sederhana yang bisa Anda buat sendiri, bersama teman-teman ketika acara kumpul-kumpul atau bersama keluarga tercinta di rumah. Kayak apa resep dan cara membuat cilok khas bandung ini?? cekidoot.. 

1. Persiapkan Bahan Untuk Membuat Cilok :

  • 250 ml air kaldu ayam atau sapi 
  • 125 gram tepung terigu serba guna
  • 200 gram tepung tapioka/ sagu/ kanji
  • 2 - 3  sendok teh garam 
  • 1 ½  sendok teh merica bubuk
  • 4 siung bawang putih (dihaluskan) 
  • 3 batang daun bawang rajang (dihaluskan)
  • 2 butir telur


Resep Cara Membuat Cilok yang Enak dan Kenyalnya Bikin Ketagihan

2. Persiapkan Bahan Untuk Membuat Saus Kacang

  • Gula pasir satu sendok teh saja.
  • cuka sebanyak dua sendok teh.
  • sangrai 150 gram kacang tanah , kemudian dihaluskan.
  • Garam secukupnya
  • Air secukupnya

 

3. Cara Membuat Saus Kacang

  • Haluskan kacang tanah sampai halus. Gunakan blender jika ingin hasil yang sempurna. 
  • Kemudian tambahkan cuka, gula pasir, garam dan air aduk rata sampai adonan sedikit cair. Masak sebentar seperti membuat saus kacang untuk siomay.

 

4. Langkah-langkah Membuat Cilok

  1. Pertama-tama, siapkan panci kalau bisa yang anti lengket. Kemudian masukkan air kaldu, bawang putih, garam, dan merica.
  2. Rebus sampai air kaldu hingga mendidih gunakan api sedang saja. Jika air kaldu sudah mendidih, silakan matikan kompor dan masukkan tepung terigu.
  3. Selanjutnya, aduk adonan cilok tadi hingga padat dan menggumpal menggunakan spatula/ sendok kayu. Kemudian hidupkan kembali kompor dan masak adonan selama 1 menit dengan api kecil sambil diaduk.
  4. Diamkan adonan sampai dingin. Dilanjut dengan memasukkan telur, tepung tapioka, dan juga bawang ke dalam adonan, kemudian aduk hingga tercampur rata dan uleni adonan menggunakan jemari tangan anda.
  5. Jika tangan terasa lengket, jangan berfikiran untuk menambahkan tepung atau sejenisnya ke dalam adonan. Cukup dengan menaburi tangan anda dengan tepung tapioka, kemudian lanjutkan kembali proses menguleni adonannya hingga kalis.
  6. Ambil 1 sdt adonan dan bentuk bulat adonan menggunakan tangan anda. Bentuk bulat semua adonan, kemudian letakkan adonan yang sudah dibulatkan tadi di atas loyang.
  7. Siapkan panci dan isi dengan air yang banyak. Rebus adonan cilok dalam air mendidih hingga mengapung dan ukurannya menjadi lebih besar.
  8. Selanjutnya, masukkan air rebusan cilok tadi ke dalam dandang kukusan. Letakkan saringan dandang, dan masukkan cilok di atasnya. Kemudian kukus cilok hingga warnanya menjadi sedikit transparan, kira-kira membutuhkan waktu 15-20 menit.
  9. Matikan kompor dan biarkan cilok tetap dalam dandang kuskus agar tetap hangat dan lebih enak di santap. Seperti biasa, tidak afdol jika cilok tanpa sambal. Silahkan tambahkan juga sambal favorite anda, entah itu sambal rujak atau sambal kacang. :)

Itulah resep rahasia membuat cilok khas bandung yang nikmat, lezat dan gurih. Hmm gampang kan?? cocok banget bikin cilok di hari libur untuk mengisi liburan agar lebih menyenangkan bersama teman maupun keluarga Anda di rumah. Terimakasih..




Sumber ;
 http://www.indirania,com
 http://kokimganteng,blogspot.co.id
loading...