Tips Merawat Kesehatan Gigi: Menyikat Gigi dengan Baik dan Benar

Tips Merawat Kesehatan Gigi: Menyikat Gigi dengan Baik dan Benar


Tidak dapat dipungkiri bahwa kesehatan gigi merupakan hal yang vital bagi setiap orang. Bayangkan saja jika Anda sakit gigi. Meskipun terlihat seperti sebuah masalah kecil, tetapi sakit gigi dapat membuat kehidupan sehari-hari Anda terganggu. Salah satu cara merawat kesehatan gigi adalah dengan menyikat gigi. Akan tetapi, tahukah Anda jika beberapa kebiasaan ini justru berdampak buruk bagi kesehatan gigi?

Menyikat gigi secara horizontal atau menyamping; hal ini dapat menyebabkan serfikal line mengecil dan tentu saja akan mengurangi keindahan gigi.

Baca juga : Obati Sakit Gigi Dengan Bawang Putih Ini Ternyata Manjur dan Ampuh

Terlalu sering menyikat gigi dapat menyebabkan email gigi terkikis. Anda cukup menyikat gigi dua kali sehari: setelah makan dan sebelum tidur.

Terlalu sering memakai obat kumur juga tidak dianjurkan karena hal tersebut dapat membunuh semua bakteri yang ada dalam mulut. Padahal ada bakteri-bakteri tertentu yang seharusnya penting dan berguna.

Lalu bagaimana cara menyikat gigi yang benar? Seperti dilansir dari www.carasehat,net, berikut ini adalah delapan cara menyikat gigi yang bik dan benar dalam Tips Merawat Kesehatan Gigi: Menyikat Gigi dengan Baik dan Benar

1. Gunakan pasta gigi secukupnya

Anda cukup menggunakan pasta gigi sebesar biji kacang polong. Terlalu banyak menggunakan pasta gigi justru akan menyebabkan mulut Anda tidak nyaman dan Anda akan meludahkannya.

2. Gunakan teknik memutar

Menyikat gigi dimulai dari gigi yang paling depan. Posisi yang ideal adalah dengan sudut sebesar 45 derajat. Lakukan gerakan memutar dan jangan menggunakan tenaga yang berlebihan karena hal tersebut dapat menyebabkan gusi terluka dan sariawan.

3. Managemen waktu

Waktu yang diperlukan kurang lebih 15 detik untuk setiap gigi.

4. Menyikat gigi secara vertikal

Sebelumnya telah dikatakan bahwa menyikat gigi secara horizontal memiliki dampak buruk bagi kesehatan gigi. Oleh karena itu, untuk membersihkan sela-sela gigi, lakukanlah gerakan vertikal pada gigi depan bagian atas dan bagian bawah.

5. Tidak mengkonsumsi minuman asam sebelum menyikat gigi

Mengonsumsi minuman asam dapat membuat email gigi menjadi rapuh. Jika Anda terlanjur mengonsumsi minuman asam, maka tunggulah 45 menit sebelum menyikat gigi agar gigi Anda kuat kembali.

6. Gunakan dental foss dan mouthwash

Dental foss dan mouthwash dapat membuat mulut menjadi lebih bersih dan nafas menjadi lebih segar karena dental foss dan mouthwash mengandung flourida.

7. Ganti sikat gigi dalam jangka waktu tertentu

Tidak hanya makanan, sikat gigi ternyata juga bisa kadaluarsa. Ciri-ciri sikat gigi yang kadaluarsa antara lain: bulu sikat berubah, bulu sikat renggang, dan sudah digunakan selama tiga bulan. Dikutip dari www.ciricara,com, sikat gigi yang sudah kadaluarsa mengandung bakteri Streptococcus yang dapat menyebabkan radang. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengganti sikat gigi secara berkala.

8. Gunakan bulu sikat yang lembut

Bulu sikat yang keras tidak mampu menjangkau sela-sela gigi sehingga tidak membersihkan gigi dengan baik. Selain itu, bulu sikat yang keras juga bisa melukai gigi.

Itulah sedikit ulasan mengenai Tips Merawat Kesehatan Gigi: Menyikat Gigi dengan Baik dan Benar,. Karena sejatinya mencegah lebih baik daripada mengobati, terlebih jika msalah gigi, karena sakit gigi adalah salah satu pnyakit yang sangat menyakitkan bahwa banyak orang yang mensejajarkan  rasa sakit gigi ini dengan rasa sakit hati ketika putus cinta, adduuh berat kan, hmm makanya di rawat tuh cinta, eh gigi maksudnya, Oke terimakasih sobat dan semoga bermanfaat.
loading...