Waspada Ini Gejala Sakit Jantung Yang Jarang Kita Sadari, Dari Hal Sepele Hingga Mematikan!!

Gejala Penyakit Jantung: dari Hal Sepele ke Mematikan



Sudah bukan rahasia lagi jika penyakit jantung merupakan salah satu penyakit mematikan. Dilansir dari m.cnnindonesia.com, sebuah survei mengenai penyebab kematian berskala nasional baru saja selesai dilakukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan Kementrian Kesehatan. Hasil survei tersebut menyebutkan sepuluh jenis penyakit yang paling sering menjadi penyebab kematian di Indonesia. Peringkat pertama ditempati oleh penyakit Ceberovaskular atau pembuluh darah di otak seperti pada pasien stroke. Sementara itu, meskipun tidak berada di urutan pertama, penyakit jantung divonis sebagai penyakit yang menduduki urutan kedua dari daftar penyakit penyebab kematian di Indonesia.

Baca juga : Penyayi Muda Berbakat Mike Mohede Mninggal Karena Serangan Jantung, Kok Bisa ya? Ini Penjelasannya!!

Mengingat hal itu, tentu penting bagi kita untuk mengetahui gejala penyakit jantung sejak dini. Hal yang demikian itu setidaknya dapat meminimalisasi perkembangan penyakit jantung. Gejala penyakit jantung mungkin terkadang sepele dan ringan. Akan tetapi, kita harus waspada apabila gejala-gejala itu kita rasakan karena boleh jadi itu merupakan tanda penyakit jantung yang mematikan. Seperti disebutkan dalam www.smartdetox,com dan www.informasikesehatan,com, berikut adalah gejala penyakit jantung yang mungkin jarang kita sadari.

1. Sesak Nafas
Sesak nafas bisa diakibatkan oleh pembuluh darah menghambat aliran darah yang didistribusikan ke seluruh tubuh sehingga dapat menyebabkan denyut jantung tidak teratur, penebalan pada otot jantung, dan katup jantung mengalami kelainan.

2. Gangguan Pencernaan

Sebuah penelitian menyebutkan bahwa wanita lebih sering mengalami gejala umum penyakit jantung berupa mual dan muntah. Bahkan, dibandingkan pria, wanita juga lebih berisiko mengalami gejala gangguan pencernaan menjelang serangan jantung. Ini jelas akan sangat membingungkan karena gejala gangguan pencernaan juga sering dialami pada penyakit lain. Kondisi ini disebabkan adanya sumbatan lemak di arteri, sehingga suplai darah ke jantung akan berkurang, akibatnya sistem pencernaan juga bisa ikut terganggu.

3. Adanya Pembengkakan Pada Tubuh
Pembengkakan biasanya terjadi pada bagian perut dan pergelangan kaki. Hal ini karena cairan menumpuk dalam tubuh.

4. Mudah Lelah
Apabila seseorang memiliki jantung yang tidak normal, ia akan mudah lelah meskipun hanya melakukan aktivitas kecil. Rasa lelah juga biasanya dirasakan sewaktu bangun tidur. Rasa lelah ini dikarenakan pemompaan darah dan oksigen yang dilakukan jantung mengalami hambatan. Saat itu terjadi, maka organ tubuh yang lain akan mengalami kekurangan asupan darah dan oksigen untuk menjalankan aktivitasnya sehingga orang akan merasa lemas dan mudah lelah.

5. Nyeri Pada Dada

Pada seseorang yang terkena serangan jantung, nyeri dada disebabkan oleh penyumbatan arteri yang dapat mengakibatkan darah tidak dapat mengalir ke seluruh tubuh. Namun, nyeri dada bisa juga menjadi gejala penyakit lainnya. Untuk memastukan nyeri dada yang dialami adalah gejala penyakit jantung atau bukan, sebaiknya segera periksakan ke dokter.

6. Detak Jantung Tidak Teratur

Gejala ini perlu diwasdai karena bisa menyebabkan hal yang fatal. Denyut jantung tidak teratur biasanya akan berlangsung karena adanya penebalan otot pada katup jantung. Hal ini mengakibatkan berlangsungnya penyempitan pada katup hingga dapat mengakibatkan kebocoran.

7. Sering Berkeringan Dingin
Berkeringat dingin sering terjadi ketika seseorang terserang masuk angin. Akan tetapi, apabila itu terjadi ketika tidak sedang masuk angin, maka hal itu perlu diwaspadai. Sering berkeringat dingin juga merupakan gejala yang pasti dialami oleh pengidap kelainan jantung.

8. Merasa Cemas
Perasaan cemas yang tidak dapat dijelaskan sering dirasakan oleh sebagian besar pengidap jantung. Hal ini umumnya terjadi ketika penyakit jantung mereka sedang kambuh.

9. Terbatuk-Batuk

Batuk yang berkepanjangan dapat disebabkan oleh kelainan jantung. Hal itu karena ketika jaringan pembuluh mengalami penyempitan, oksigen yang dibutuhkan akan kurang terpenuhi sehingga detak jantung akan mengalami gangguan. Ketika hal itu terjadi, secara alami tubuh akan memaksa agar pasokan oksigen terpenuhi dengan batuk sebab batuk dapat meregangkan pembuluh darah dengan cara mengagetkannya.

Demikian gejala umum penyakit jantung yang mungkin jarang disadari. Semoga bermanfaat dan mari waspada!
loading...