Yuuk Dapetin Kerjaan Mapan Meski Belum Miliki Pengalaman, Bisa Kok!!

Meski Belum Punya Pengalaman, Kerjaan Mapan Bisa Kamu Dapatkan dengan 10 Cara Ini


Setiap orang tentu memiliki mimpi ketika dewasa lulus sekolah atau kuliah terus langsung memiliki pekerjaan yang mapan, yang bisa mencukupi kebutuhan dirinya dan keluarga. Hmm siapa juga yang gak mau.. Kenyataanya justru di jaman modern ini kita di hadapkan dengan masalah baru, yaitu sulitnya mencari lowongan pekerjaan yang cocok dan seuai dengan harapan kita.

Terlebih bagi kamu yang baru lulus kuliah ni misalnya, biasanya akan dapat pekerjaan yang lumayan berat dulu, atau gajinya mungkin gak bisa di samain sama mereka yang sudah lama terjun di dunia kerja. Ngarepin pekerjaan yang mapan dan menyenangkan di saat baru lulus? hhmm bisa gak yaa,.... Bisa kok!

Jangan takut kawan! Kini semua itu bisa kamu dapetin kok. Asal kamu tahu caranya.. dan caranya adalah :

1. Perisapan CV
Sebelum kamu beneran terjun ke lapangan buat melamar kerja ini itu, siapkan dulu resume dan CV terbaikmu. Kalau CV dan resume kamu belum sesuai standar, kamu bisa stress sendiri lantaran banyak aplikasi yang bakal tertolak. Maka dari itu rancang dari sekarang CV terbaik dengan menuliskan semua keahlian dan ketrampilan yang kamu punya. Gak masalah tanpa pengalaman, yang penting kamu punya keahlian kan?

2. PD Aja Dulu
Takut gak bisa kerja mapan lantaran punya softskill yang jauh dari kerjaan impian? Duh, kayaknya gak perlu deh. Softskill apapun yang kamu punya pasti berguna buat kerjaan kamu nanti kok. So, percaya diri dengan semua kemampuan yang kamu miliki ya.

3. Tunjukin Pengalaman Meskipun...
Pastinya kamu punya pengalaman kerja sambilan yang kamu lakoni semasa kuliah kan? Emang sih, pengalaman ini gak seberapa dan tergolong 'ecek-ecek'. Tapi dengan pernah bekerja sebelumnya (meski cuma freelance), bakal menambah nilai plus kamu di mata perusahaan kok.

4. Persiapan Sebelum Wawancara
Saat wawancara kerja nanti, kamu bakal ditanyain tentang kemungkinan terburuk kalau kamu gak ketrima kerja disana. Siapkan jawaban yang matang dan tegas sekaligus bisa dijadikan 'rencana cadangan' yang sebenarnya kalau kamu beneran gak keterima nanti. Dan jawaban yang bijak boasanya bakal membuat perusahaan terkesan dan mempertimbangkan untuk menerima lamaran kamu lho.


5. Harusnya Kamu Punya Jaringan Yang Cukup Luas Kan
Buat kamu yang minim pengalaman, salah satu kekuatan terbesarmu yang harus kamu maksimalkan ada pada link dan networking. Ini berguna banget untuk mendapatkan kerjaan impian.

6. Temukan Passion
Satu hal lagi yang penting adalah passion. Mulai sekarang kamu harus bisa temukan passion yang ada di dalam diri kamu. Jangan sampai ngelamar kerjaan tanpa tahu passion kamu ada di mana. Percaya deh, selama kamu udah nemuin passion yang kamu punya, kerjaan mapan pun bakal mengejarmu.


7. Percaya Deeh Kamu Itu Pinter
Banyak yang bilang kalau kemampuan akademis itu gak penting dibandingkan dengan pengalaman. Iya memang bener sih, tapi bukan berarti nilai akademis sama sekali gak penting kan? Justru ini bisa mendongkrak kapasitasmu saat kamu minim pengalaman lho.


8. Ikut Pelatihan Buat Nambah Ilmu
Gak cuma mahasiswa aja kok yang butuh seminar dan pelatihan. Justru kamu yang baru aja lulus sangat butuh kesempatan ini buat mengembangkan keahlian. Usahakan seminar yang kamu ikuti relevan dengan bakat, keahlian, passion dan juga kerjaan kamu nanti.


9. Siapkan Penampilanmu
Rasa percaya diri yang muncul bakal memperkuat kamu dalam mendapatkan pekerjaan. Perusahaan juga lebih percaya untuk meng-hire kamu saat kamu punya kepercayaan diri. Asalkan gak lebay, sikap mampu bersaing yang kamu tunjukkan bisa menutupi kelemahanmu lho.


10. Doa Itu Utama dan Wajib
Last but not the least, selalu berdoa dan yakin suatu saat nanti kamu bakal bisa dapetin kerjaan yang kamu idam-idamkan. Gabungan doa dan usaha yang kamu lakukan diatas bisa membuat mimpi jadi kenyataan lho.


Nagh itu deh kira-kira tips bagi kamu yang bar lulus kuliah atau sekolah yang pengen cepet dapet kerja mapan, tunjukin penampilan mu sebaik mungkin agar calon perekrut kamu terkesima dengan kamu. Tunjukin kalau kalian bisa untuk cepat dalam mempelajari pekerjaan baru dan lingkungan baru.

Sumber ; idntimes,com
loading...