Secangkir Kopi: Efek dan Manfaat Untuk Tubuh dan Kesehatan

Dalam Secangkir Kopi: Efek dan Manfaat

KOPI. Mungkin hampir semua orang mengenal minuman hitam bernama kopi itu. Saat ini, kopi bahkan banyak dikreasikan dengan berbagai varian rasa. Kopi memang identik dengan julukan “teman begadang”. Juga tidak jarang dinikmati saat cuaca dingin atau pada pagi hari. Akan tetapi, selain rasanya yang sedap dan memiliki beberapa manfaat, kopi juga memiliki efek samping jika dikonsumsi terus menerus.


http://www.updateceria.com

Sebelum menggali lebih jauh tentang manfaat dan efek kopi terhadap kesehatan, berikut dipaparkan mengenai zat yang terkandung di dalam kopi, seperti disarikan dari www.beritatrendz.com.

1.    Kafein, adalah senyawa kimia alkeloid yang diakui aman dalam dosis tertentu. Akan tetapi jika dikonsumsi berlebihan akan menyebabkan ketergantungan dan dalam waktu panjang bisa menyebabkan kanker dan gangguan tidur.
2.    Ethyphenol, adalah aroma khusus dari kopi, mirip dengan tar, serta mengandung pheremone.
3.    Quinic Acid, dalam kedokteran digunakan sebagai bahan obat flu.
4.    Dicaffeoylquinic Acid, adalah satu anti oksidan yang dapat menangkal radikal bebas.
5.    Acetylmethylcarbinol, adalah zat yang membuat kopi terasa gurih.
6.    Putrescin, hasilkan oleh bakteri E. Coli, yaitu bakteri yang bisa membuat sesuatu menjadi busuk. Zat ini adalah hasil dari pembusukan bakteri tersebut.
7.    Trigonelline, berfungsi melindungi gigi. Walaupun meminum kopi menyabakan gigi menjadi hitam, namun para peminum kopi memiliki gigi yang kuat dan tidak mudah berlubang.
8.    Niacin, adalah senyawa yang kurang baik bagi tubuh, karena senyawa ini dapat menyerap vitamin-vitamin dalam tubuh.

Berdasarkan paparan di atas, tentu dapat disimpulkan manfaat dan efek minum kopi. Sumber lain, www.mediskus.com, menyebutkan pula bahwa kopi memiliki manfaat untuk kesehatan. Beberapa di antaranya adalah untuk mengurangi stres fisik dan psikis serta meningkatkan kewaspadaan mental. Selain itu, dr. Dina Tri Amalia (dalam www.mediskus.com) menyebutkan pula bahwa kopi dapat mencegah terjadinya stroke dan jenis kanker tertentu, mengurangi risiko Parkinson dan demensia (penurunan fungsi kognitif yang mempengaruhi memori, berpikir, bahasa, penilaian, dan perilaku), serta meningkatkan memori.

Akan tetapi, kopi sebaiknya hanya diminum 1—2 cangkir sehari. Jika berlebihan, akan menimbulkan efek samping, seperti dikutip dari www.mediskus.com, berikut ini.

Kopi memiliki beberapa efek samping, di antaranya insomnia, rasa gugup, dan gelisah. Kopi bersifat asam sehingga dapat meningkatkan kadar asam lambung dan mengiritasi lambung sehingga sering menimbulkan keluhan nyeri perut, mual, dan muntah.

Kopi juga dapat meningkatkan denyut jantung sehingga biasanya terdapat keluhan berdebar – debar setelah minum kopi serta meningkatkan frekuensi nafas, serta gejala lainnya. Konsumsi kopi dalam jumlah banyak juga bisa menimbulkan bahaya minum kopi lainnya seperti sakit kepala, kecemasan, telinga berdenging, meningkatkan kadar kolesterol serta meningkatkan resiko penyakit jantung terutama untuk kopi yang belum difiltrasi.

Efek samping lainnya, seperti disarikan dari www.halosehat.com, antara lain:
(1) detak jantung meningkat,
(2) kadar asam lambung meningkat sehingga dapat mengakibatkan sakit maag,
(3) melemahnya daya tahan tubuh,
(4) kadar trigliserida tinggi,
(5) kafein dapat menyerang plasenta, sirkulasi darah, dan detak jantung janin dalam kandungan sehingga kopi tidak baik bagi ibu hamil,
(6) insomnia,
(7) merusak gigi, misalnya menimbulkan gigi berlubang dan berwarna kuning serta mengakibatkan timbulnya karang gigi,
(8) gelisah,
(9) hipertensi, karena senyawa dalam kopi dapat mengakibatkan tekanan darah tinggi, (
10) produksi urin meningkat,
(11) kemandulan, yang dapat terjadi jika mengkonsumsi kopi secara berlebihan atau disertai minum alkohol, dan
 (12) merusak sel mulut, hal ini terjadi jika kita mengkonsumsi kopi yang terlalu panas.

Nah, itulah manfaat serta efek samping kopi. Reader yang tetap ingin mengkonsumsi kopi tentunya bisa bijak menentukan jumlah kopi yang sesuai dengan kebutuhan dan dosis masing-masing.
Semoga tulisan ini bermanfaat. ^^


loading...