Seputar Kesehatan Organ Reproduksi Yang Harus Kamu Tahu

Seputar Kesehatan Organ Reproduksi

Hai, Sobat Ceria! Jangan bosan untuk terus membaca dan belajar, ya! Hihi.. Kali ini penulis akan sedikit mengulas mengenai organ reproduksi dan cara menjaga kesehatannya. Tentunya Sobat Ceria sudah tahu, dong, apa itu organ reproduksi?

 http://www.updateceria.com/

Secara harfiah, dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, organ reproduksi berarti organ tumbuh-tumbuhan yang berfungsi sebagai alat pengembangbiakan. Akan tetapi, yang akan dibahas dalam tulisan ini bukanlah organ tumbuhan, melainkan organ reproduksi manusia. Organ reproduksi, pada manusia khususnya, baik pada laki-laki maupun perempuan, terdiri dari bermacam-macam bagian yang tentunya keseluruhannya memiliki fungsi yang penting. Oleh karena itu, organ reproduksi penting kiranya untuk dijaga.

Menjaga kesehatan organ reproduksi menjadi hal yang sangat penting, baik bagi laki-laki maupun perempuan. Bagi perempuan, yang kelak akan menjadi seorang ibu, penting memiliki alat reproduksi yang sehat agar nantinya kehamilan serta proses melahirkan dapat berlangsung sehat. Sementara itu, laki-laki sebagai calon ayah sekaligus orang yang berperan langsung dalam proses pembuahan terhadap perempuan juga penting untuk menjaga kesehatan organ reproduksi. Hal yang demikian itu karena berbagai penyakit reproduksi dapat ditularkan melalui hubungan seksual.

Penyakit pada organ reproduksi, misalnya keputihan pada wanita—yang meskipun seringkali dianggap enteng tetapi jika dibiarkan terus-menerus dapat menyebabkan infeksi. Penyakit lainnya seperti: AIDS yang menyebabkan menurunnya sistem kekebalan tubuh dan belum ditemukan obatnya hingga saat ini, gonore yang dapat mengakibatkan kemandulan, hipogonadisme yang terjadi pada pria dan ditandai dengan menurunnya fungsi testis, kanker ovarium, serta sifilis. Berbagai penyakit tersebut tidak hanya berbahaya bagi kelangsungan organ reproduksi, melainkan juga berbahaya bagi tubuh penderitanya.

Cara menjaga kesehatan organ reproduksi dapat dimulai dengan melakukan prosedur yang benar saat membersihkan organ reproduksi, misalnya setelah selesai buang air. Membersihkan organ reproduksi dapat dimulai dari bagian depan ke bagian belakang. Apabila dilakukan dengan cara sebaliknya, hal itu justru akan memindahkan bakteri dari dubur ke organ reproduksi. Namun agaknya masih banyak juga yang belum mengetahui hal itu.

Selain itu, penting pula untuk membersihkan organ reproduksi menggunakan sabun. Selain itu, setiap orang perlu berhati-hati ketika menggunakan toilet umum. Hal tersebut karena di dalam toilet umum kemungkinan telah berkembang jamur dan bakteri yang bisa menyebabkan peradangan. Oleh karena itu, perlu kiranya membersihkan permukaan toilet terlebih dahulu apabila hendak menggunakan toilet duduk. Perlu juga untuk membawa air mineral guna membersihkan organ reproduksi. Hal tersebut diperlukan karena dikhawatirkan air dalam toilet umum mengandung bakteri misalnya Candida albican yang dapat menyebabkan keputihan.

Hal lain yang juga perlu diperhatikan di antaranya adalah tidak memakai pakaian dalam maupun celana yang terlalu ketat karena hal yang demikian itu dapat mengakibatkan infeksi pada vagina maupun penis. Disarankan untuk memakai pakaian dalam dari bahan nilon karena bahan tersebut dapat menyerap keringat sehingga mengurangi kemungkinan terjadinya infeksi. Singkatnya, menjaga kesehatan organ reproduksi dapat dilakukan dengan berbagai hal-hal kecil yang sering tidak disadari manfaatnya.
loading...