Tingkatkan Empati dengan Beranikan Diri Melangkah Keluar dari Zona Nyaman Anda


Tingkatkan Empati dengan Beranikan Diri Melangkah Keluar dari Zona Nyaman Anda

 

Selama ini Anda selalu berpikir bahwa pada kasus kecelakaan di jalan raya, dimana korban selalu terlambat untuk dibawa ke Rumah Sakit merupakan kesalahan dari orang yang ada di sekitarnya karena kurang tanggap dalam menghadapi situasi. 

Namun, tahukah Anda bahwa terdapat banyak hal lain yang menjadi faktor penentu mengapa korban terlambat untuk di tangani oleh petugas medis? 

Jika Anda terbiasa berpindah dari satu tempat ke tempat yang lain selalu dengan menggunakan kendaraan—meskipun jarak yang ditempuh tergolong dekat—maka ada baiknya Anda mulai keluar dari zona nyaman tersebut.

Ada banyak yang bisa Anda ketahui hanya dengan melangkah keluar sendirian atau bersama teman. Coba perhatikan lingkungan sekitar Anda dengan lebih seksama. Perhatikan, seberapa sering ada orang yang mau menyeberangkan lansia ke sisi lain jalan. 

Seberapa sering ada orang yang mau menyingkirkan pecahan batu dari tengah jalan yang tampak sepi?

Kepedulian terhadap lingkungan social memang harus dimulai dari diri sendiri. Anda yang terbiasa nyaman berkendara dengan mobil yang sama sekali tidak panas mungkin tidak tahu bahwa petugas kebersihan di sudut sana berusaha menurunkan suhu tubuhnya dengan bersandar pada pohon besar. 

Rasa empati akan timbul jika Anda berada di dekatnya dan ikut merasakan hawa panas yang ada. Tidak usah takut memiliki kulit wajah yang menghitam. Anda bisa menggunakan sunscreen pelindung wajah sebelum keluar dari ruangan.

Bahkan malam hari pun tidak seseram yang Anda duga. 

Cobalah sesekali Anda pulang dengan menggunakan kendaraan umum. Saat menunggu datangnya kendaraan umum tersebut, coba mengadahkan kepala ke arah langit dan lihatlah betapa indah kilauan bintang malam itu. 

Anda yang terbiasa melihat atap bangunan seperti kantor dan rumah, akan berpikir ulang untuk melewati kesempatan yang satu ini. Saat rasa lelah menyerang sepulang kantor, cukup gunakan micellar water untuk kulit sensitif yang bagus untuk membasuh wajah dari sisa kotoran dan make up.
loading...