Memahami Perbedaan RAM dan ROM pada PC, Laptop dan Smartphone


Memahami Perbedaan RAM dan ROM pada PC, Laptop dan Smartphone

Ketika membeli sebuah perangkat baik PC, laptop atau smartphone, pasti Anda akan mempertimbangkan soal spesifikasi, yang mana salah dua aspeknya adalah kapasitas RAM dan ROM. 
 

Apa perbedaan RAM dan ROM?

Beberapa orang terutama yang tidak terlalu memperhatikan detail gadget yang mereka miliki mungkin kurang begitu paham mengenai apa itu RAM dan ROM serta fungsinya. Tetapi bagi orang yang sudah lama berkecimpung dalam dunia teknologi, tentunya istilah ini sudah sangat familiar.
 
Secara garis besar, RAM dan ROM adalah memori pada perangkat yang menggunakan sistem dan berguna untuk melakukan proses komputasi. PC, laptop dan smartphone adalah contoh perangkat yang menggunakan dua jenis memori tersebut. Tidak ada yang fungsinya lebih penting, melainkan keduanya sama-sama penting karena akan saling membantu kinerja sebuah perangkat.
 
Nah, supaya Anda tidak bingung lagi membedakan RAM dan ROM, simak ulasannya di bawah ini.

 

Pengertian RAM

Random Access Memory atau yang kita kenal dengan RAM adalah suatu komponen penyimpanan data program ketika komputer sedang dalam kondisi hidup dan beroperasi. Satuan RAM umumnya adalah MB (Mega Byte) dan GB (Giga Byte) dengan kecepatan nanodetik. Besar kecilnya kapasitas RAM akan memengaruhi performa sebuah perangkat. 

Saat data yang terbaca dan tersimpan di dalam RAM makin besar, maka akan performa perangkat juga akan menurun atau jadi lambat. Akan tetapi ketika perangkat dimatikan, maka RAM akan kembali kosong. Oleh karena itu, semakin besar RAM maka performa sebuah perangkat semakin lancar dan berlaku sebaliknya.

 

Pengertian ROM

Lalu apa perbedaan RAM dan ROM? Read Only Memory atau ROM adalah suatu komponen penyimpanan untuk berbagai program dan data di PC, laptop dan smartphone. Berbeda dengan RAM yang sifatnya hanya sementara, data yang tersimpan di ROM sifatnya permanen meskipun perangkat dimatikan dan hanya akan terhapus jika Anda hapus. 

File yang bisa disimpan di dalam ROM misalnya seperti musik, video, gambar, dan lain-lain. Jika kapasitas ROM besar, maka semakin banyak pula file yang bisa tersimpan. Anda pun bisa menggunakan memori eksternal jika kapasitas ROM kurang besar. 

Kiranya penjelasan barusan telah memastikan bahwa dua komponen memori tersebut sama-sama penting dalam sebuah perangkat. Untuk lebih detailnya, simak beberapa perbedaan antara RAM dan ROM dari beberapa sisi berikut ini.

Perbedaan RAM dan ROM

1. Kapasitas
Kapasitas RAM bisa ditingkatkan atau di-upgrade sesuai kebutuhan. Pada perangkat PC dan laptop hal ini bisa dilakukan karena terdapat slot untuk melakukan upgrade atau ekspansi, tetapi tidak pada smartphone karena RAM di smartphone berwujud flash memory. Sementara itu kapasitas ROM sudah tidak bisa diubah lagi karena sudah bawaan dari pabriknya. Kapasitas ROM pun cukup besar mulai dari puluhan GB hingga 1 TB.

2. Keamanan
Menyimpan data di ROM jelas lebih aman karena data yang tersimpan di dalamnya bersifat permanen. Data bisa terhapus hanya jika sengaja dihapus atau terjadi kerusakan pada ROM. Di sisi lain, data di dalam RAM hanya bersifat sementara dan bisa hilang ketika perangkat PC, laptop atau smartphone dimatikan. Pasalnya, proses penyimpanan di dalam RAM membutuhkan daya sedangkan ROM tidak.

3. Proses penulisan data
Perbedaan berikutnya adalah dalam hal pengisian data. Data di RAM bisa ditulis sewaktu-waktu ketika perangkat dioperasikan. Sedangkan di dalam ROM tidak bisa dilakukan seperti itu. Contohnya di smartphone, dari total ROM yang tersedia pasti ada sebagian yang tidak dapat diisi karena sudah berisikan data sistem dari produsen ROM.

4. Jenisnya
Terakhir, jenis RAM berbeda-beda antara tipe perangkat satu dan yang lain. Namun secara garis besar ada dua jenis RAM yang sering digunakan yaitu DRAM dan SRAM. Dalam hal ini SRAM memiliki kecepatan yang lebih baik ketimbang RAM. Sedangkan jenis-jenis ROM contohnya seperti PROM, EPROM, EEPROM, Flash Memory, dan CD-ROM.

Demikian ulasan mengenai perbedaan RAM dan ROM di perangkat PC, laptop dan smartphone. Semoga sekarang Anda menjadi lebih paham sehingga berguna saat hendak membeli gadget baru. Nah, jika Anda membutuhkan RAM atau ROM untuk meng-upgrade perangkat Anda, langsung saja cari produk-produk terbaik yang ada di Bhinneka.com.

loading...

0 Response to "Memahami Perbedaan RAM dan ROM pada PC, Laptop dan Smartphone"

Posting Komentar